Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP/MTs

Firda Rahmatika, 190205035 (2025) Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP/MTs. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Model  Pembelajaran  Discovery  Learning,  Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa] Text (Model Pembelajaran Discovery Learning, Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa)
Firda Rahmatika, 190205035, FTK, PMA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)
[thumbnail of Model  Pembelajaran  Discovery  Learning,  Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa] Text (Model Pembelajaran Discovery Learning, Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa)
Firda Rahmatika, 190205035, FTK, PMA, 082370611919.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki siswa. Kemampuan ini sangat penting untuk pembelajaran matematika karena dapat membantu siswa menyelesaikan masalah secara lisan maupun tulisan. Salah satu cara yang dapat digunakan ialah dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) untuk mengetahui model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa di SMP Negeri 1 Rantau Selamat dan (2) untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran discovery learning lebih baik daripada siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen, desain penelitian ini menggunakan desain Pretest Posttest Control Group Desain. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rantau Selamat. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik acak atau teknik random sampling. Penggumpulan data menggunakan tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui model pembelajaran discovery learning dan (2) kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran discovery learning lebih baik daripada peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Firda Rahmatika
Date Deposited: 22 Sep 2025 06:52
Last Modified: 22 Sep 2025 06:52
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/49784

Actions (login required)

View Item
View Item