Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Di MIT Meunara Baro Aceh Besar

Radhwa Savira, 200209004 (2025) Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Di MIT Meunara Baro Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry Banda Aceh.

[thumbnail of tentang Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada    Pembelajaran Matematika Di MIT Meunara Baro Aceh Besar] Text (tentang Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Di MIT Meunara Baro Aceh Besar)
Revisi setelah sidang 1-23.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (0B)
[thumbnail of tentang Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada    Pembelajaran Matematika Di MIT Meunara Baro Aceh Besar] Text (tentang Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Di MIT Meunara Baro Aceh Besar)
Revisi setelah sidang.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[thumbnail of tentang Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada    Pembelajaran Matematika Di MIT Meunara Baro Aceh Besar] Text (tentang Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Di MIT Meunara Baro Aceh Besar)
Revisi setelah sidang-1-23.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (799kB)

Abstract

Kesulitan belajar siswa dalam pelajaran matematika merupakan permasalahan yang sering terjadi di tingkat Madrasah Ibtidaiyah. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apa saja kesulitan belajar siswa dalam pelajaran matematika dan bagaimana strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar tersebut di MIT Meunara Baro Aceh Besar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan belajar yang dialami siswa serta mendeskripsikan strategi guru dalam mengatasinya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini terdiri dari 4 orang guru matematika dan 16 orang siswa kelas I sampai VI di MIT Meunara Baro Aceh Besar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan belajar yang dialami siswa yaitu kesulitan memahami konsep dasar pecahan. Tahapan yang digunakan guru untuk mengatasi kesulitan belajar siswa antara lain dengan menganalisis penyebab kesulitan belajar, perencanaan Tindakan pembelajaran, pelaksanaan tindakan, serta evaluasi dan tindak lanjut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan guru dapat membantu siswa dalam mengatasi kesulitan belajar matematika sehingga meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa di MIT Meunara Baro Aceh Besar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Radhwa Savira
Date Deposited: 30 Sep 2025 09:01
Last Modified: 01 Oct 2025 02:17
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/49786

Actions (login required)

View Item
View Item