Ok Arinda Felisha Z, 210402004 (2025) Relevansi Program Bimbingan dan Konseling Karier Dengan Prinsip Layanan Karier Teori Donald E Super. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
BAB 1 OK ARINDA FELISHA Z-1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB)
SKRIPSI OK ARINDA FELISHA Z FULL (1) (1) (2).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (4MB)
Abstract
Donald E. Super menekankan bahwa perkembangan karier adalah proses yang berlangsung sepanjang hidup dan melibatkan lima tahapan utama; pertumbuhan (growth), eksplorasi (exploration), pembentukan (establishment), pemeliharaan (maintenance), dan kemunduran (decline). Setiap individu akan melewati tahapan-tahapan ini dalam perjalanan karier dan perencanaan karier yang efektif harus memperhatikan tahapan-tahapan tersebut. Namun, berdasarkan observasi awal yang dilakukan terdapat indikasi bahwa layanan bimbingan dan konseling karier belum sepenuhnya terlaksana secara optimal dan menyeluruh. Misalnya, belum tampak adanya pendampingan karier yang dilakukan secara bertahap sejak siswa masuk di kelas X hingga kelas XII. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui program kegiatan layanan bimbingan dan konseling karier di SMA N 1 Kejuruan Muda selama ini, kualifikasi dan kompetensi guru BK yang melakukan bimbingan dan konseling karier di SMA N 1 Kejuruan Muda selama ini, prinsip–prinsip program kegiatan layanan bimbingan dan konseling karier yang dilakukan dalam teori karier Donald E. Super. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan subjek penelitian ini berjumlah 8 orang. Teknik pemilihan subjek menggunakan purposive sampling dan mengumpulkan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini: (1) program-program bimbingan dan konseling karier di SMA N 1 Kejuruan Muda,yaitu: program tes RIASEC, program konsultasi pemilihan mata pelajaran pada kelas X akhir, program tes minat dan bakat, program layanan bimbingan klasikal karier tiap minggu, program kelas besar kondisional, program layanan konseling individu, program bimbingan kelompok dilakukan sesuai kebutuhan siswa, dan program pengembangan sumber daya sekolah, (2) kualifikasi dan kompetensi guru BK di SMA N 1 Kejuruan Muda sudah lulusan bimbingan dan konseling tetapi belum ada yang mengikuti pendidikan profesi konselor dan hanya seorang yang mengikuti pelatihan karier (3) prinsip program bimbingan dan konseling karier di SMA N 1 Kejuruan Muda sesuai dengan prinsip karier Donald E. Super yaitu sesuai tahap eksplorasi.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) |
| Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam |
| Depositing User: | Ok Arinda Felisha Z |
| Date Deposited: | 27 Aug 2025 09:11 |
| Last Modified: | 27 Aug 2025 09:11 |
| URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/49809 |
