Ahmad Daman Huri, 211003002 (2025) Pengembangan Materi Kitāb Mabāḥits Fīʿulūm Al-Qurʾān Berbasis Powerpoint di SMK Darul Ihsan Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
Ahmad Daman Huri, 211003002 (2025) Tesis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (6MB) | Request a copy
Ahmad Daman Huri, 211003002 (2025) Cover- Bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (6MB)
Abstract
Kegiatan belajar-mengajar hendaknya bisa memanfaatkan media teknologi digital yang cocok dalam pembelajaran dan memberikan daya tarik bagi peserta didik seperti pemanfaatan Microsoft PowerPoint. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Materi Kitāb Mabāḥits fī ʿUlūm Al-Qurʾān Berbasis PowerPoint di SMK Darul Ihsan Aceh Besar yang menghasilkan produk berupa materi ajar Kitāb Mabāḥits fī ʿUlūm Al-Qurʾān Berbasis PowerPoint. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan R&D (Reseach and Development) yang berdasarkan model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket kebutuhan, lembar validasi materi, lembar validasi media atau produk, abservasi, dokumentasi dan wawancara. Ada lima tahapan dalam pengembangan model ADDIE: Analisis, Perancangan, Pengembangan, Implementasi dan Evaluasi. Nilai rata-rata Aiken’s V sebesar 0,71 menandakan bahwa secara umum media pembelajaran sudah valid berdasarkan kriteria validitas, nilai V ≥ 0,75 dikategorikan sangat valid, nilai antara 0,60–0,74 dikategorikan cukup valid, sedangkan nilai < 0,60 memerlukan revisi. Berdasarkan perhitungan, rata-rata N-Gain sebesar 0,57 menunjukkan bahwa penggunaan materi ajar/media pembelajaran cukup efektif. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai persentase kepraktisan berada pada kisaran 75%–100%, dengan rata-rata total sebesar 85,42%. Berdasarkan kriteria interpretasi, persentase tersebut termasuk kategori “sangat praktis”, Kesimpulannya bahwa pengembangan materi Kitāb Mabāḥits fī ʿUlūm Al-Qurʾān berbasis PowerPoint yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
| Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Ahmad Daman Huri |
| Date Deposited: | 28 Aug 2025 03:50 |
| Last Modified: | 28 Aug 2025 03:50 |
| URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/49821 |
