Perspektif Mahasiswa Terhadap Penggunaan Chat Generative Pre-Trained Transformer (Gpt) Dalam Aktivitas Akademik(Studi Pada Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Uin Ar-Raniry)

Hafiza Mutthari Irsha, 210401109 (2025) Perspektif Mahasiswa Terhadap Penggunaan Chat Generative Pre-Trained Transformer (Gpt) Dalam Aktivitas Akademik(Studi Pada Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Uin Ar-Raniry). Other thesis, Uin ar-raniry.

[thumbnail of membahas tentang Perspektif Mahasiswa Terhadap Penggunaan Chat Generative Pre-Trained Transformer (Gpt)] Text (membahas tentang Perspektif Mahasiswa Terhadap Penggunaan Chat Generative Pre-Trained Transformer (Gpt))
SKRIPSI HAFIZA REPOST BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[thumbnail of membahas tentang Perspektif Mahasiswa Terhadap Penggunaan Chat Generative Pre-Trained Transformer (Gpt)] Text (membahas tentang Perspektif Mahasiswa Terhadap Penggunaan Chat Generative Pre-Trained Transformer (Gpt))
SKRIPSI HAFIZA REPOST.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Fenomena tersebarnya teknologi Chat GPT dalam aktivitas akademik, khususnya pada mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Meningkatnya penggunaan Chat GPT dalam membantu proses akademik mahasiswa. Meskipun Chat GPT menawarkan kemudahan akses dan efisiensi, ada kekhawatiran tentang menurunnya kemampuan berpikir kritis, kemandirian belajar, dan kreativitas karya ilmiah mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perspektif mahasiswa melihat Chat GPT dan menggunakannya untuk membantu dalam aktivitas akademik. Penelitian ini, menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan studi kasus, Penelitian ini menggunakan Teori Determinisme Teknologi. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan 15 informan mahasiswa yang telah menggunakan Chat GPT dalam aktivitas akademik mereka pada angkatan 2021, 2022, dan 2023. Setelah itu, data dianalisis melalui proses reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Chat GPT dianggap oleh sebagian besar mahasiswa sebagai alat bantu yang bagus untuk mencari informasi, membangun gagasan, dan membuat kerangka tulisan. Namun, beberapa mahasiswa menyadari bahaya ketergantungan, kemampuan berpikir kritis yang berkurang, dan kemungkinan pelanggaran akademik seperti plagiarisme. Keterbatasan data yang belum terbarukan, keakuratan jawaban yang berbeda, dan kurangnya pemahaman tentang konteks akademik dan lokal adalah masalah utama. Penelitian ini menunjukkan bahwa literasi digital yang lebih mendalam sangat penting, terutama dalam dunia akademik. Mahasiswa harus dididik untuk menggunakan teknologi seperti Chat GPT dengan bijak, kritis, dan bertanggung jawab agar mereka dapat mempertahankan kemandirian dan nilai unik dalam proses belajar. Temuan ini membantu mengembangkan kebijakan pendidikan tinggi dalam menangani perkembangan teknologi di lingkungan akademik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Hafiza Mutthari Irsha
Date Deposited: 17 Sep 2025 07:33
Last Modified: 17 Sep 2025 07:33
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/49825

Actions (login required)

View Item
View Item