Penerapan Model Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA/SMK

Hendri Adriansyah, 210205086 (2025) Penerapan Model Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA/SMK. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Model Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika] Text (Model Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika)
Hendri Adriansyah, 210205086, FTK, PMA, 085368348565.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[thumbnail of Model Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika] Text (Model Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika)
Hendri Adriansyah, 210205086, FTK, PMA.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah adalah keterampilan penting bagi siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Namun, data menunjukkan bahwa kemampuan ini masih tergolong rendah. Oleh karena itu, dibutuhkan model pembelajaran yang tepat, seperti Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS). Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang dibelajarkan dengan model TAPPS dan siswa yang menerima pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain Quasi Experimental. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling dari populasi siswa kelas X SMA Negeri 2 Simeulue Timur dengan memilih dua kelas, yaitu XM-1 sebagai kelas eksperimen dan XM-2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data melaui soal pre-test dan post-test. Hasil analisis data uji t berpasangan menunjukkan bahwa nilai t_hitung>t_tabel yaitu 14,28>2,05 maka H_0 ditolak dan disimpulkan bahwa adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah melalui model TAPPS. Hasil analisis N-Gain menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang dibelajarkan dengan model TAPPS dalam kategori sedang. Sementara analisis uji perbedaan rata-rata menunjukkan bahwa t_hitung>t_((1-α) ) yaitu 6,01>2,00 sehingga H_0 ditolak. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan dengan model TAPPS lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Hendri Adriansyah
Date Deposited: 22 Sep 2025 04:37
Last Modified: 22 Sep 2025 04:37
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/49832

Actions (login required)

View Item
View Item