Afifa Rizkia, 210213021 (2025) Pengaruh Konseling Kelompok Terhadap Kemandirian Belajar Siswa SMk Di Negeri Telkom Banda Aceh. Journal Penelitian Bimbingan dan Konseling, 10 (2). pp. 1-8. ISSN 2527-5489
Afifa 210213021.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (643kB)
Abstract
Rendahnya kemandirian belajar siswa SMKN 5 Telkom Banda Aceh menjadi isu penting yang memengaruhi kesiapan akademik dan dunia kerja. Penelitian ini bertujuan menilai pengaruh layanan konseling kelompok terhadap peningkatan kemandirian belajar siswa. Istrumen penelitian berupa agnket angket kemandirian belajar dalam bentuk skala likert dengan 5 aspek tanggung jawab, keuletan, imisiatif, pengendalian diri, dan kemantapan diri dengan dilakukan tiga kali Treatment. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental one-group pretest-posttest, delapan siswa dengan kemandirian rendah dipilih sebagai sampel. Instrumen berupa angket skala Likert, dan data dianalisis menggunakan uji normalitas Shapiro-Wilk serta Paired Sample t-Test. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan rata-rata 19,37 poin (p < 0,05), membuktikan konseling kelompok efektif meningkatkan kemandirian belajar.
| Item Type: | Article |
|---|---|
| Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Bimbingan dan Konseling |
| Depositing User: | Afifa Rizkia |
| Date Deposited: | 25 Sep 2025 05:01 |
| Last Modified: | 25 Sep 2025 05:01 |
| URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/50001 |
