Muhammad Afdhal Fahlevi, 200403052 (2025) Peran Media Sosial Instagram Pada Organisasi Fokusgampi Dalam Syiar Dakwah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
SKRIPSI AFDAL FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (4MB)
SKRIPSI AFDAL BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (4MB)
Abstract
Skripsi ini berjudul “Peran Media Sosial Instagram Pada Organisasi Fokusgampi Dalam Syiar Dakwah”. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, khususnya media sosial, telah mengubah paradigma komunikasi di masyarakat. Media sosial telah menjadi salah satu sarana utama bagi individu dan organisasi untuk berinteraksi, berbagi informasi, dan menyebarkan pesan, termasuk pesan dakwah. Peran media sosial dalam organisasi sangat signifikan, terutama dalam era digital saat ini. Media sosial memungkinkan komunikasi yang cepat dan efisien antara anggota organisasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan mewawancarai Ketua, Sekretaris, Ketua Divisi Keagamaan Dan PHBI, anggota Divisi Keagamaan dan PHBI dan Followers media sosial FOKUSGAMPI. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Media Sosial Instagram menjadikan penyebaran dakwah yang lebih interaktif. Pesan-pesan dakwah dapat dikemas secara menarik melalui infografis, video pendek, maupun teks yang ringkas dan mudah dipahami. Hal ini memudahkan audiens untuk mencerna pesan yang disampaikan dan terlibat lebih aktif dalam diskusi atau interaksi online. Instagram sebagai platform media sosial berbasis visual telah menjadi alat yang efektif dalam menyebarkan dakwah, terutama di era digital yang semakin berkembang. Instagram adalah platform yang sangat efektif sebagai alat dakwah karena kemampuannya menjangkau audiens luas dengan konten visual yang menarik, interaksi langsung dengan pengguna, serta fleksibilitas dalam penyajian konten. Dakwah melalui Instagram dapat menjadi sangat efektif jika strategi yang tepat diterapkan. Kunci keberhasilan dakwah di Instagram melibatkan kombinasi antara konten visual yang menarik, interaksi yang aktif dengan audiens, konsistensi dalam posting, serta pemanfaatan fitur fitur kreatif yang disediakan oleh platform.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media (Sarana Komunikasi) |
| Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah |
| Depositing User: | Muhammad Afdhal Fahlevi |
| Date Deposited: | 16 Sep 2025 08:04 |
| Last Modified: | 16 Sep 2025 08:04 |
| URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/50098 |
