Analisis Pemanfaatan Internet Oleh Santri di Perpustakaan Sekolah SMA Swasta Al-Falah Abu Lam U

Muhammad Siddiq, 200503074 (2025) Analisis Pemanfaatan Internet Oleh Santri di Perpustakaan Sekolah SMA Swasta Al-Falah Abu Lam U. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Internet, Santri, Perpustakaan Sekolah] Text (Internet, Santri, Perpustakaan Sekolah)
Muhammad Siddiq, 200503074, FAH, IP, 085261662210.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[thumbnail of Internet, Santri, Perpustakaan Sekolah] Text (Internet, Santri, Perpustakaan Sekolah)
Muhammad Siddiq, 200503074, FAH, IP.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Perpustakaan SMAS Al-Falah Abu Lam U sebagai pusat sumber belajar di era digital menyediakan layanan internet dan koleksi lengkap untuk mendukung pembelajaran santri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan internet dalam memperoleh informasi dan sumber belajar oleh santri di perpustakaan SMAS Al-Falah Abu Lam U. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk memahami pemanfaatan internet oleh santri di perpustakaan. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang pustakawan dan 3 santri kelas XII. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data meliputi reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan secara sistematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa internet telah memberikan dampak signifikan terhadap pola belajar santri dan peran perpustakaan sekolah. Pertama, internet membuka akses terhadap sumber ilmu pengetahuan yang tidak terbatas, sehingga santri tidak lagi hanya bergantung pada koleksi buku cetak. Hal ini memperluas wawasan, meningkatkan kemandirian belajar, serta mendukung peningkatan kualitas pembelajaran. Kedua, akses koleksi digital menjadi lebih luas melalui pemanfaatan fasilitas komputer, Chromebook, dan jaringan internet yang tersedia di perpustakaan. Dukungan pustakawan dalam bentuk pendampingan teknis dan bimbingan pencarian informasi turut membantu santri memperoleh materi pembelajaran yang relevan, cepat, dan terarah. Ketiga, perpustakaan bertransformasi menjadi pusat diseminasi informasi berbasis teknologi. Peran ini tidak hanya meningkatkan efisiensi dan literasi informasi santri, tetapi juga mendorong pemanfaatan internet secara bijak melalui pengawasan konten. Secara keseluruhan, penelitian ini menegaskan bahwa pemanfaatan internet di perpustakaan sekolah berbasis boarding memberikan kontribusi penting bagi peningkatan kualitas pembelajaran, kemandirian belajar, serta kesiapan santri menghadapi perkembangan teknologi dan tantangan pendidikan di masa depan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 025 Operasi Perpustakaan, Arsip, Pusat Informasi > 025.5 Jasa bagi Pemakai
000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 027 Perpustakan, Arsip, Pusat Informasi Umum > 027.8 Perpustakaan Sekolah
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Muhammad Siddiq
Date Deposited: 02 Oct 2025 08:41
Last Modified: 02 Oct 2025 08:41
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/50227

Actions (login required)

View Item
View Item