Pengembangan E-Book Mesin Baling-Baling Sederhana Dina Dalam Mengenalkan Konsep Rekayasa

Sherina Wifda, 210210078 (2025) Pengembangan E-Book Mesin Baling-Baling Sederhana Dina Dalam Mengenalkan Konsep Rekayasa. Jambura Early Childhood Education Journal, 7 (2): 3. pp. 278-294. ISSN 2716-2974

[thumbnail of Pengembangan E-Book Mesin Baling-Baling Sederhana Dina] Text (Pengembangan E-Book Mesin Baling-Baling Sederhana Dina)
Sherina Wifda, 210210078, FTK, PIAUD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-book interaktif berjudul “Mesin Baling-Baling Sederhana Dina” sebagai media pembelajaran dalam mengenalkan konsep rekayasa kepada anak usia dini. Latar belakang pengembangan ini didasari oleh kebutuhan akan media pembelajaran yang inovatif, menarik, dan sesuai dengan karakteristik belajar anak usia dini yang bersifat konkret dan visual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik pengemumpulan data melalui kuesioner dan dokumentasi. Pada tahap validasi, e-book memperoleh penilaian “sangat layak” dengan skor 100% dari ahli materi dan 95% dari ahli media. Uji coba implementasi dilakukan di kelas B RA Fathun Qorib dengan melibatkan 18 anak dan 9 responden dari guru dengan menggunakan instrumen yang terdiri dari 17 butir pernyataan, menghasilkan skor rata-rata sebesar 78,92% yang termasuk dalam kategori “layak”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-book ini efektif dan layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar, pemahaman visual dan auditori, serta mendorong kemandirian anak usia dini dalam mengenal konsep rekayasa.

Item Type: Article
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 005 Computer Programming, Program & Data
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Sherina Wifda
Date Deposited: 08 Sep 2025 08:06
Last Modified: 08 Sep 2025 08:06
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/50235

Actions (login required)

View Item
View Item