Pengaruh Kegiatan Muhadharah Terhadap Motivasi Belajar Santri Di Dayah Baitul Haqiqi Al Abrar Al Aziziyyah Gampong Cot Usi Kecamatan Mutiara Timur Kabupaten Pidie

Sayed Muhammad Aqil, 190201131 (2025) Pengaruh Kegiatan Muhadharah Terhadap Motivasi Belajar Santri Di Dayah Baitul Haqiqi Al Abrar Al Aziziyyah Gampong Cot Usi Kecamatan Mutiara Timur Kabupaten Pidie. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Muhadharah, Motivasi Belajar, Santri, Dayah] Text (Muhadharah, Motivasi Belajar, Santri, Dayah)
SKRIPSI SAYED MUHAMMAD AQIL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[thumbnail of Muhadharah, Motivasi Belajar, Santri, Dayah] Text (Muhadharah, Motivasi Belajar, Santri, Dayah)
SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian melatar belakangi masalah rendahnya rasa percaya diri saat tampil kegiatan muhadharah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kegiatan muhadharah terhadap motivasi belajar santri di Dayah Baitul Haqiqi Al Abrar Al Aziziyyah, Gampong Cot Usi, Kecamatan Mutiara Timur, Kabupaten Pidie, Menganalisis pengaruh muhadharah terhadap kemampuan motivasi belajar santri Dayah Baitul Haqiqi Al-Abrar Al-Aziziyyah Gampong Cot Usi kecamatan Mutiara Timur kabupaten Pidie, Menganalisis tantangan dan hambatan muhadharah terhadap kemampuan motivasi belajar santri Dayah Baitul Haqiqi Al-Abrar Al-Aziziyyah Gampong Cot Usi kecamatan Mutiara Timur kabupaten Pidie. Kegiatan muhadharah merupakan salah satu metode pelatihan berbicara di depan umum yang lazim diterapkan di lingkungan dayah, yang tidak hanya bertujuan melatih kemampuan retorika, tetapi juga membentuk karakter, menumbuhkan rasa percaya diri, serta menanamkan semangat berdakwah di kalangan santri. Kegiatan ini diyakini dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan motivasi belajar, baik dalam aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik santri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung terhadap pelaksanaan kegiatan muhadharah, wawancara dengan 5 informan yang terdiri atas 2 orang Teungku (pengasuh) dan 3 orang santri serta dokumentasi untuk mendukung data yang diperoleh di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan muhadharah memberikan dampak positif terhadap motivasi belajar santri. Santri yang aktif mengikuti kegiatan ini menunjukkan perubahan perilaku belajar yang lebih baik, seperti meningkatnya rasa percaya diri, keberanian dalam mengemukakan pendapat, semangat dalam memahami pelajaran, serta kemampuan menyampaikan pesan-pesan keislaman secara sistematis dan efektif. Selain itu, muhadharah juga menjadi wadah pembinaan mental dan spiritual yang mendorong santri untuk lebih aktif dan berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa muhadharah merupakan salah satu strategi pembelajaran yang efektif dan relavan untuk diterapkan di lingkungan pendidikan dayah dalam rangka membentuk santri yang berkualitas secara intelektual dan spiritual.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sayed Muhammad Aqil
Date Deposited: 29 Sep 2025 07:44
Last Modified: 29 Sep 2025 07:44
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/50255

Actions (login required)

View Item
View Item