Marda Safriani, 210209164 (2025) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Carousel Feedback terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V SDN Karang Jadi Kec. Timang Gajah Kab. Bener Meriah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Carousel Feedback terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V SDN Karang Jadi Kec. Timang Gajah Kab. Bener Meriah]](http://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
MARDA_SAFRIANI - 210209164.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB)
![[thumbnail of Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Carousel Feedback terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V SDN Karang Jadi Kec. Timang Gajah Kab. Bener Meriah]](http://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
MARDA_SAFRIANI - 210209164 BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (879kB)
Abstract
Peneliti menemukan bahwa guru sudah menggunakan beberapa model pembelajaran. Namun model pembelajaran kooperatif carousel feedback belum pernah diterapkan. Hasil observasi dikelas diketahui bahwa pemahaman terhadap materi IPAS masih belum maksimal. Hal ini berpengaruh terhadap hasil belajar. Oleh karena itu peneliti ingin menerapkan model pembelajaran carousel feedback untuk melihat pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Karang Jadi Kec. Timang Gajah Kab. Bener Meriah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis sejauh mana pengaruh penerapan model pembelajaran carousel feedback terhadap peningkatan hasil belajar IPAS pada siswa kelas V di SDN Karang Jadi, Kecamatan Timang Gajah, Kabupaten Bener Meriah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif jenis pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pre-experimental study design dan one group pre-test post-test design. Peneliti mengambil sampel sejumlah 30 orang siswa dari kelas V SDN Karang Jadi, Kecamatan Timang Gajah, Kabupaten Bener Meriah. Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari tes berbentuk soal pilihan ganda. Analisis data yang digunakan adalah uji statistik deskriptif, dan uji paired sample T-test menggunakan aplikasi SPSS v.27. Hasil dari penelitian ini dengan menggunakan uji paired sample t-test menunjukkan bahwa model carousel feedback berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dalam pelajaran IPAS. Dengan demikian, hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nol ditolak.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Marda Safriani |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 03:05 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 03:05 |
URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/50260 |