Nadya Fathanah Siregar, 210402005 (2025) Pencapaian Prestasi Ditinjau dari Teori Hirarki Kebutuhan Abraham Maslow pada Mahasiswa Prodi Bimbingan dan Konseling Islam UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.
Nadya Fathanah Siregar, 210402005, FDK, BKI, 085384615558.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (4MB)
Nadya Fathanah Siregar, 210402005, FDK, BKI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (5MB)
Abstract
Pemenuhan kebutuhan dasar mahasiswa merupakan faktor penting dalam menunjang mahasiswa dalam mencapai prestasi, secara fakta di lapangan, ditemukan mahasiswa yang kebutuhannya tidak terpenuhi secara maksimal namun tetap mampu berprestasi. Fenomena ini menunjukkan adanya variasi kondisi yang yang dapat diteliti lebih lanjut, khusunya dalam konteks teori hirarki kebutuhan Abraham Maslow. Pemenuhan kebutuhan manusia adalah hirarki yang disusun oleh Abraham Maslow dalam menyusun teori motivasi manusia. Hirarki kebutuhan tersebut tersusun Kebutuhan Fisiologis, Kebutuhan Rasa Aman, Kebutuhan Kasih Sayang, Kebutuhan Penghargaan dan Kebutuhan Aktualisasi Diri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana gambaran pemenuhan kebutuhan dari teori hirarki Abraham Maslow terhadap pencapaian prestasi mahasiswa Prodi BKI UIN Ar-Raniry Banda Aceh serta dinamika dan variasi kondisi yang ada di dalam proses pemenuhan kebutuhan manusia terhadap pencapaian prestasi mahasiswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Fenomenologis Deskriptif Psikologis (Descriptive Phenomenology Analysis). Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 10 orang Mahasiswa BKI UIN Ar-Raniry yang ditentukan dengan teknik Purposive Sampling. Data dikumpulkan melalui teknik observasi non-partisipan dan wawancara semi-terstruktur yang kemudian dianalisis dengan teknik triangulasi data. Maka, berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Teori Hirarki Kebutuhan oleh Abraham Maslow memiliki peran dalam pencapaian prestasi mahasiswa dengan sifatnya yang tidak selalu linier dan cenderung fleksibel, tergantung latar belakang, dukungan sosial dan motivasi utama yang dimiliki oleh mahasiswa tersebut.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik |
| Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam |
| Depositing User: | Nadya Fathanah Siregar |
| Date Deposited: | 08 Sep 2025 03:18 |
| Last Modified: | 08 Sep 2025 03:18 |
| URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/50338 |
