Pengaruh Penggunaan Media Animasi Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Pencernaan di SMP 1 Darussalam

Liza Yunita, 281223166 Pengaruh Penggunaan Media Animasi Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Pencernaan di SMP 1 Darussalam. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Media animasi]
Preview
Text (Membahas tentang Media animasi)
skripsi gabungan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kondisi pembelajaran di SMPN 1 Darussalam Selama proses pembelajaran siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi karena guru hanya menggunakan metode konvensional dan media yang digunakan belum bervariasi, kondisi tersebut berpengaruh terhadap aktivitas siswa dan hasil belajar tidak mencukupi KKM serta terbatas dalam mengembangkan pengetahuan siswa. Salah satu inovasi yang dapat digunakan guru untuk mengaktifkan siswa sehingga dapat mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunkan media animasi sebagai salah satu media dari beberapa media pembelajaran yang dianggap dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah aktivitas belajar siswa yang dibelajarkan dengan media animasi pada materi sistem pencernaan; untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh penggunaan media animasi terhadap hasil belajar siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunkan quasi eksperimen, populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII dan sampel kelas VIII1 dan kelas VIII5 dengan jumlah masing–masing 21 siswa. Hasil penelitian untuk aktivitas siswa di kelas ekperimen pada pertemuan 1 yaitu 70,31 dan pertemuan ke-2 yaitu 85,62 sedangkan nilai aktivitas di kelas kontrol pada pertemuan 1 yaitu 69,37 dan pertemuan ke-2 yaitu 80,31 Data hasil post-test kelas eksperimen yaitu 78,8 sedangkan data hasil post-test kelas kontrol 50, terlihat dimana thitung > ttabel yaitu 2,50 > 2,20. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media animasi berpengaruh nyata dari aktivitas dan hasil belajar siswa secara konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Samsul Kamal, M.Pd 2.Eva Nauli Taib, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Media Animasi, Aktivitas, dan Hasil Belar Siswa
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Ms Liza Yunita
Date Deposited: 05 Sep 2017 09:17
Last Modified: 05 Sep 2017 09:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/504

Actions (login required)

View Item
View Item