Putri Soraya, 190205019 (2025) Pengembangan E-LKPD Matematika Yang Berdiferensiasi di SMP/MTs. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Putri Soraya, 190205019, FTK PMA, BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB)
Putri Soraya, 190205019, FTK PMA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (9MB)
Abstract
Pembelajaran yang baik tidak hanya ditentukan oleh materi ajar namun juga memerlukan LKPD yang dirancang khusus untuk membantu peserta didik lebih aktif belajar dan mudah memahami pembelajaran. Melalui LKPD, peserta didik mampu mencari tahu secara mandiri, berpikir kritis dan menyelesaikan masalah. Namun, LKPD yang tersedia selama ini belum menyesuaikan dengan potensi peserta didik yang beragam, sehingga peserta didik tidak dapat menyerap ilmu yang diberikan secara maksimal. LKPD yang ada saat ini belum sepenuhnya menyesuaikan dengan perbedaan gaya belajar peserta didik dan masih disajikan dalam bentuk media cetak. Oleh karena itu diperlukan pengembangan LKPD yang lebih kreatif, inovatif dan mampu mengakomodasi berbagai gaya belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan E-LKPD yang berdiferensiasi pada materi bilangan rasional fase D kelas VII SMP/MTs yang memenuhi kriteria validitas dan kepraktisan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII MTsN 1 Banda Aceh. Instrumen pengumpulan data berupa wawancara, lembar validasi, lembar kepraktisan dan uji keterbacaan peserta didik. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan memperoleh skor validasi materi sebesar 83,6%, validasi E-LKPD berbasis gaya belajar 84,5% yang keduanya termasuk dalam kategori sangat valid. Validasi media memperopleh nilai 90,45% dan juga dinyatakan sangat valid. Uji kepraktisan oleh guru menunjukkan hasil persentasi sebesar 85,5% yang tergolong sangat praktis. Dengan demikian, E-LKPD yang dikembangkan terbukti valid dan praktis untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Putri Soraya |
| Date Deposited: | 22 Sep 2025 06:57 |
| Last Modified: | 22 Sep 2025 06:57 |
| URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/50409 |
