Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education(RME) Dengan Menggunakan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Kelas II Di Min 23 Pidie.

Hania Thahira, 200209167 (2025) Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education(RME) Dengan Menggunakan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Kelas II Di Min 23 Pidie. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education(RME) Dengan Menggunakan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Kelas II Di Min 23 Pidie.] Text (Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education(RME) Dengan Menggunakan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Kelas II Di Min 23 Pidie.)
HANIA THAHIRA - 200209167 BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (874kB)
[thumbnail of Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education(RME) Dengan Menggunakan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Kelas II Di Min 23 Pidie.] Text (Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education(RME) Dengan Menggunakan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Kelas II Di Min 23 Pidie.)
HANIA THAHIRA - 200209167 (1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Matematika sering dipersepsikan sebagai mata pelajaran yang sulit danmembosankan oleh siswa sekolah dasar, termasuk di MIN 23 Pidie. Pembelajarancenderung monoton, berpusat pada guru, dan kurang mengaitkan materi dengankonteks kehidupan nyata, sehingga siswa pasif, kurang memahami konsep, danhasil belajar rendah. Diperlukan pendekatan yang kontekstual, interaktif, danmenyenangkan untuk meningkatkan minat serta capaian belajar siswa. Penelitianmenggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kurt Lewin dengandua siklus. Subjek penelitian adalah 21 siswa kelas II MIN 23 Pidie. Setiap siklusmeliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pendekatanrealistic mathematics education (RME) dipadukan dengan media permainan ulartangga. Data dikumpulkan melalui observasi aktivitas guru dan siswa, tes formatif,serta dokumentasi, kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Penelitianini bertujuan untuk: (1) Mengetahui peningkatan aktivitas guru dalam menerapkanRME dengan media ular tangga. (2) Mengetahui peningkatan aktivitas siswa dalampembelajaran matematika berbasis RME. (3) Mengukur peningkatan hasil belajarsiswa setelah penerapan RME dengan media ular tangga. Hasil penelitianmenunjukkan peningkatan signifikan pada setiap aspek: aktivitas guru dari 74,07%(siklus I) menjadi 88,88% (siklus II); aktivitas siswa dari 66,66% menjadi 85,18%;serta persentase ketuntasan hasil belajar dari 60% menjadi 89,47%. PendekatanRME memfasilitasi siswa untuk membangun pemahaman melalui konteks nyata,sedangkan media ular tangga menciptakan suasana belajar yang menyenangkan,konkret, dan mendorong kolaborasi. Penerapan pendekatan realistic mathematicseducation berbantuan media permainan ular tangga terbukti efektif meningkatkanaktivitas guru, partisipasi siswa, dan hasil belajar matematika kelas II MIN 23 Pidie.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Hania Thahira
Date Deposited: 24 Sep 2025 03:38
Last Modified: 24 Sep 2025 03:38
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/50516

Actions (login required)

View Item
View Item