Penerapan Metode Struktural Analitik Sintetik dengan Menggunakan Media Kartu Huruf Bergambar dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas II SDN 57

Muliani, 210209035 (2025) Penerapan Metode Struktural Analitik Sintetik dengan Menggunakan Media Kartu Huruf Bergambar dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas II SDN 57. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Metode Struktural Analitik Sintetik dengan Menggunakan Media Kartu Huruf Bergambar dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas II SDN 57] Text (Penerapan Metode Struktural Analitik Sintetik dengan Menggunakan Media Kartu Huruf Bergambar dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas II SDN 57)
SKRIPSI MULIANI FINAL AKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (25MB)
[thumbnail of Penerapan Metode Struktural Analitik Sintetik dengan Menggunakan Media Kartu Huruf Bergambar dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas II SDN 57] Text (Penerapan Metode Struktural Analitik Sintetik dengan Menggunakan Media Kartu Huruf Bergambar dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas II SDN 57)
COVER UP.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SDN 57 Banda Aceh peneliti menemukan beberapa permasalahan yang ditimbulkan dalam membaca, hasil belajar menjadi kurang maksimal dikarenakan siswa tersebut belum dapat membaca dengan baik. Oleh karenanya semua siswa harus mampu membaca dengan baik untuk mendapatkan hasil belajar yang memuaskan. Sebagian besar siswa kelas II tersebut belum mampu membaca dengan baik, hanya 5 siswa yang mampu membaca dari 33 siswa pada kelas II tersebut. Adapun tujuan dalam penelitian ini 1) Untuk mengetahui bagaimana aktivitas guru dalam menerapkan metode pembelajaran struktural analitik sintetik untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa menggunakan media kartu huruf bergambar pada kelas II SDN 57 Banda Aceh. 2) Untuk mengetahui bagaimana aktivitas siswa dalam menerapkan metode pembelajaran struktural analitik sintetik untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa menggunakan media kartu huruf bergambar pada kelas II SDN 57 Banda Aceh. 3) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca siswa setelah penerapan metode pembelajaran struktural analitik sintetik menggunakan media kartu huruf bergambar pada kelas II SDN 57 Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, subjek dari penelitian siswa kelas II berjumlah 33 orang siswa. KKTP yang telah ditetapkan adalah 74 dengan ketuntasasan klasikal 80%. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Observasi guru pada siklus I memperoleh presentase 81,90%, kemudian pada siklus II menjadi 88,79%, observasi siswa pada siklus I memperoleh presentase 71,55%, kemudian pada siklus II menjadi 86,21%, hasil kemampuan membaca siswa siklus I 63,63%, pada siklus II menjadi 86,66%, hal ini sudah memenuhi ketuntasan klasikal. Dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan metode struktural analitik sintetik berbantuan media kartu huruf bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muliani Muliani
Date Deposited: 25 Sep 2025 08:55
Last Modified: 25 Sep 2025 08:55
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/50525

Actions (login required)

View Item
View Item