Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Pada Produk Asuransi Syariah Studi Pada Masyarakat Kota Banda Aceh

Rizky Tilawati, 210603021 (2025) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Pada Produk Asuransi Syariah Studi Pada Masyarakat Kota Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Minat Masyarakat, Asuransi Syariah, Promosi, Produk, Harga, Literasi Asuransi Syariah] Text (Minat Masyarakat, Asuransi Syariah, Promosi, Produk, Harga, Literasi Asuransi Syariah)
Rizky Tilawati, 210603021, FEBI, PS, 082361983516.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[thumbnail of Minat Masyarakat, Asuransi Syariah, Promosi, Produk, Harga, Literasi Asuransi Syariah] Text (Minat Masyarakat, Asuransi Syariah, Promosi, Produk, Harga, Literasi Asuransi Syariah)
Rizky Tilawati, 210603021, FEBI, PS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Asuransi syariah hadir sebagai alternatif perlindungan finansial yang berlandaskan prinsip tolong-menolong (ta’awun) dan bebas dari unsur riba, gharar, serta maysir. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Pada Produk Asuransi syariah di kota banda aceh. Rendahnya minat masyarakat terhadap produk asuransi syariah menunjukkan adanya hambatan dalam pemahaman, persepsi, serta strategi pemasaran yang kurang efektif meliputi promosi, produk, harga, dan literasi asuransi syariah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan survei. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada masyarakat kota banda aceh yang menjadi sampel penelitian. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh masing-masing variabel independen terhadap variabel dependen, yaitu minat masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat variabel, yakni promosi, produk, harga, dan literasi asuransi syariah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat masyarakat. Promosi yang tepat dan informatif, kualitas produk yang sesuai dengan nilai-nilai syariah, harga yang terjangkau dan sebanding dengan manfaat, serta tingkat literasi yang memadai terbukti mampu meningkatkan minat masyarakat terhadap asuransi syariah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Rizky Tilawati
Date Deposited: 29 Sep 2025 07:41
Last Modified: 29 Sep 2025 07:41
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/50542

Actions (login required)

View Item
View Item