Kompetensi Pedagogik Guru PAI dalam Pelaksanaan Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di SMPN 3 Kluet Timur

Rhaudhatul Fitri, 210201136 (2025) Kompetensi Pedagogik Guru PAI dalam Pelaksanaan Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di SMPN 3 Kluet Timur. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Kompetensi Pedagogik Guru] Text (Kompetensi Pedagogik Guru)
RHAUDHATUL FITRI,210201158, FTK, PAI, Cover-Bab1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[thumbnail of Kompetensi Pedagogik Guru] Text (Kompetensi Pedagogik Guru)
RHAUDHATUL FITRI,210201158, FTK, PAI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam pemanfaatan media pembelajaran pada pelaksanaan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di Kelas VIII SMPN 3 Kluet Timur. Permasalahan yang muncul adalah pemanfaatan media pembelajaran oleh Guru PAI di Kelas VIII SMPN 3 Kluet Timur masih belum optimal, karena permasalahan keterbatasan sarana dan prasarana sekolah. Fokus utama penelitian mencakup dua aspek: (1) pemanfaatan media pembelajaran oleh guru PAI dalam menyampaikan materi SKI, dan (2) faktor-faktor pendukung serta penghambat yang memengaruhi proses tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research), di mana data primer diperoleh melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi, serta didukung oleh data sekunder dari literatur relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru PAI dalam memanfaatkan media pembelajaran pada pelaksanaan pembelajaran materi Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di kelas VIII SMPN 3 Kluet Timur telah memadai. Guru mampu mengintegrasikan media teknologi cetak, digital, audio-visual dan media teknologi komputer, seperti buku paket, slide powerpoint, vidio, timeline sejarah Islam, karton, peta konsep, dengan alat bantu proyektor infokus dan speaker. Faktor pendukung meliputi ketersediaan media, kerja sama antar guru, partisipasi aktif siswa, dan strategi adaptif guru. Sementara itu, faktor penghambat mencakup keterbatasan sarana, kendala teknis, dan kondisi eksternal memengaruhi konsistensi penggunaan media. Penelitian ini merekomendasikan penguatan kompetensi pedagogik guru melalui pelatihan media pembelajaran, peningkatan fasilitas sekolah, pengembangan forum kolaboratif antar guru, serta dukungan kebijakan pendidikan yang berorientasi pada inovasi dan keberlanjutan pembelajaran berbasis media.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rhaudhatul Fitri
Date Deposited: 12 Sep 2025 03:37
Last Modified: 12 Sep 2025 03:37
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/50555

Actions (login required)

View Item
View Item