Pengaruh Pendapatan dan Gaya Hidup Digital Terhadap Perilaku Konsumtif Dalam Kerangka Ekonomi Islam: Studi Pada Generasi Z Pengguna Shopeepay di Kota Banda Aceh

Nessya Wafa Nasyla, 210602092 (2025) Pengaruh Pendapatan dan Gaya Hidup Digital Terhadap Perilaku Konsumtif Dalam Kerangka Ekonomi Islam: Studi Pada Generasi Z Pengguna Shopeepay di Kota Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.

[thumbnail of Pendapatan, Gaya Hidup Digital, Perilaku Konsumtif, Ekonomi Islam.] Text (Pendapatan, Gaya Hidup Digital, Perilaku Konsumtif, Ekonomi Islam.)
Nessya Wafa Nasyla, 210602092, FEBI, ES, 082284435418.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[thumbnail of Pendapatan, Gaya Hidup Digital, Perilaku Konsumtif, Ekonomi Islam.] Text (Pendapatan, Gaya Hidup Digital, Perilaku Konsumtif, Ekonomi Islam.)
Nessya Wafa Nasyla, 210602092, FEBI, ES.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah mengubah gaya hidup masyarakat, termasuk cara berbelanja dan mengelola keuangan. Salah satu inovasi yang berkembang pesat adalah dompet digital (e-wallet) seperti ShopeePay yang menawarkan kemudahan, kecepatan, serta berbagai promo menarik dalam bertransaksi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendapatan dan gaya hidup digital terhadap perilaku konsumtif dalam perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner. Sampel ditentukan melalui teknik purposive sampling dengan kriteria responden merupakan pengguna ShopeePay, berdomisili di Kota Banda Aceh yang masuk dalam kelompok usia Generasi Z. Jumlah responden sebanyak 70 orang, diambil dari populasi Generasi Z di Banda Aceh yang berjumlah 60.169 jiwa. Data dianalisis menggunakan metode regresi linier berganda dengan bantuan aplikasi SPSS 26. Hasil penelitian menyatakan bahwa pendapatan dan gaya hidup digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif. Dalam perspektif ekonomi Islam, perilaku konsumtif yang berlebihan bertentangan dengan prinsip hidup sederhana, seimbang, dan tidak berlebihan (israf). Oleh karena itu, pendapatan dan gaya hidup digital pada Generasi Z perlu diarahkan sesuai prinsip syariah agar konsumsi tetap terkendali dan tidak berlebihan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Nessya Wafa Nasyla
Date Deposited: 09 Sep 2025 08:01
Last Modified: 09 Sep 2025 08:01
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/50596

Actions (login required)

View Item
View Item