Rizka Qudratul Aini, 210802080 (2025) Strategi Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Banda Aceh Dalam Melaksanakan Progam PAUD Holistik Intergratif. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.
![[thumbnail of PAUD Holistik Intergratif, penentuan rencana, progam layanan, satuan paud]](http://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Rizka Qudratul Aini, 210802080, FISIP, IAN, 085260742559.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (6MB)
![[thumbnail of PAUD Holistik Intergratif, penentuan rencana, progam layanan, satuan paud]](http://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Rizka Qudratul Aini, 210802080, FISIP, IAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (7MB)
Abstract
Strategi merupakan suatu rencana terpadu yang menghubungkan keunggulan strategis dengan tujuan memastikan pencapaian tujuan utama melalui pelaksanaan yang tepat. Pendidikan merupakan kebutuhan yang paling mendasar bagi kehidupan manusia. Untuk memastikan bahwa anak-anak memiliki kualitas dan daya saing yang baik di masa depan, pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI) direncanakan dan dilaksanakan secara terstruktur di berbagai unit PAUD. Penelitian ini bertujuan menjelaskan proses penentuan rencana Program PAUD Holistik Integratif (HI) sebagai strategi pengembangan potensi sosial anak usia 5–6 tahun di Banda Aceh. Penenelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan pemangku kepentingan, termasuk dinas pendidikan, guru, orang tua. Analisis progam layanan yang dilakukan terhadap Aspek pendidikan, kesehatan gizi, pengasuhan, deteksi tumbuh kembang, dan perlindungan. Hasil penelitian menunjukkan keberhasilan PAUD HI di Banda Aceh didukung oleh perencanaan berbasis kebutuhan nyata, pelaksanaan menyeluruh melalui layanan terpadu, dan kolaborasi antar sektor. Namun ditemukan kendala tenaga pendidik yang terlatih masih sangat kurang, masih kurangnya kerja sama antar sektor, dan sarana-prasarana sekolah yang belum memadai. Kesimpulannya dalam penyelenggaraan PAUD HI dalam penentuan rencana, tujuan jangka panjang, dan cara untuk mencapai tujuan harus berpegang prinsip pada intergratif. Serangkaian langkah yang strategis, atau pendekatan yang dirancang dan ditetapkan secara sistematis guna mewujudkan sasaran atau hasil yang telah dirumuskan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.2 Pendidikan Dasar tingkat Tertentu |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara |
Depositing User: | Rizka Qudratul Aini |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 02:53 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 02:53 |
URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/50614 |