Nur Fadillah Daulay, 210209066 (2025) Penerapan Metode Cooperative Integrated Reading and Compasition (CIRC) Untuk Meningkatkan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SD/MI. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of Penerapan Metode Cooperative Integrated Reading and Compasition (CIRC) Untuk Meningkatkan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SD/MI]](http://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Nur Fadillah Daulay - 210209066 BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (799kB)
![[thumbnail of Penerapan Metode Cooperative Integrated Reading and Compasition (CIRC) Untuk Meningkatkan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SD/MI]](http://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Nur Fadillah Daulay - 210209066.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB)
Abstract
Kemampuan membaca pemahaman dan menulis merupakan keterampilan pentingyang berperan besar dalam mendukung keberhasilan belajar siswa pada berbagaimata pelajaran, khususnya Bahasa Indonesia. Namun, di lapangan, banyak siswasekolah dasar yang masih mengalami kesulitan memahami isi bacaan secaramendalam. Hal ini disebabkan oleh kurangnya variasi metode pembelajaran danminimnya keterlibatan siswa dalam proses belajar. Salah satu solusi yang dapatditerapkan adalah model Cooperative Integrated Reading and Composition(CIRC) yang menekankan kerja sama kelompok untuk mengembangkanketerampilan membaca dan menulis.Penelitian ini bertujuan untuk: (1)mendeskripsikan aktivitas guru dalam menerapkan metode CIRC padapembelajaran Bahasa Indonesia; (2) mendeskripsikan aktivitas siswa selamapembelajaran dengan metode tersebut; dan (3) menganalisis peningkatankemampuan membaca pemahaman siswa setelah penerapan metode CIRC.Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model KurtLewin yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah 20 siswakelas IV-B SDN 4 Banda Aceh tahun ajaran 2024/2025. Data dikumpulkanmelalui observasi aktivitas guru, observasi aktivitas siswa, dan tes membacapemahaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) aktivitas guru meningkatdari 75% (kategori baik) pada siklus I menjadi 90% (kategori sangat baik) padasiklus II; (2) aktivitas siswa meningkat dari 71% (kategori baik) menjadi 90%(kategori sangat baik); dan (3) kemampuan membaca pemahaman siswameningkat dari 62,50% (kategori cukup) menjadi 88,88% (kategori sangat baik).Dengan demikian, penerapan metode CIRC dapat meningkatkan keterlibatansiswa dan hasil belajar khususnya pada kemampuan membaca pemahaman dikelas IV SDN 4 Banda Aceh.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.4 Membaca |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur Fadillah Daulay |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 02:11 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 02:11 |
URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/50640 |