Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP/MTs

Ghina Ratu Herieliza, 210205049 (2025) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP/MTs. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of membahas tentang matematika] Text (membahas tentang matematika)
SKRIPSI Ghina r_BAB 1.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of membahas tentang matematika] Text (membahas tentang matematika)
SKRIPSI Ghina.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Kemampuan literasi matematis sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, namun hasil tes awal menunjukkan bahwa kemampuan ini masih rendah pada siswa, yang dapat disebabkan oleh guru yang tidak sepenuhnya melaksanakan rancangan pembelajaran sesuai modul ajar. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi matematis yang diajarkan dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning lebih baik dari pada kemampuan literasi matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif pada siswa kelas IX SMPN 6 Banda Aceh, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Kelas eksperimen (IX-6) diajarkan menggunakan model PBL, sedangkan kelas kontrol (IX-7) menggunakan pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest. Hasil analisis statistik uji-t independent menunjukkan nilai t_hitung=2,24>t_tabel=1,67, sehingga hipotesis nol (H_0 ) ditolak dan hipotesis alternatif (H_1 ) diterima. Ini menandakan bahwa kemampuan literasi matematis siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih baik dibandingkan dengan yang diajarkan menggunakan pembelajaran konvensional. Oleh karena itu, model pembelajaran PBL dapat digunakan dan diterapkan sebagai strategi untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Ghina Ratu Herieliza
Date Deposited: 10 Sep 2025 08:01
Last Modified: 10 Sep 2025 08:01
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/50675

Actions (login required)

View Item
View Item