Nurul Aini, 200209060 (2025) Penerapan Model Problem Based Learning dengan Menggunakan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS di SDN 2 Lamteuba. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of Penerapan Model Problem Based Learning dengan Menggunakan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS di SDN 2 Lamteuba]](http://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
NURUL AINI - 200209060.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (5MB)
![[thumbnail of Penerapan Model Problem Based Learning dengan Menggunakan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS di SDN 2 Lamteuba]](http://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
NURUL AINI - 200209060 BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (880kB)
Abstract
Pada proses pelaksanaan pembelajaran IPAS kelas IV di SDN 2 Lamteuba terdapat 12 peserta didik belum mampu memahami materi dengan baik, hal ini dibuktikan dari data hasl belajar siswa masih di bawah KKTP, KKTP di SDN 2 Lamteuba yaitu 75. Tujuan penelitian ini (1) Untuk mengetahui aktivitas guru dalam pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning dengan menggunakan video pada pembelajaran IPAS kelas IV di SDN 2 Lamteuba, (2 Untuk mengetahui aktivitas siswa dalam menerapkan model problem based learning dengan menggunakan video pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar IPAS di SDN 2 Lamteuba,(3) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPAS dengan menerapkan model problem based learning dan video pembelajaran di kelas IV SDN 2 Lamteuba. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes, teknik analisis data yang digunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan (1) aktivitas guru siklus I memperoleh persentase 79,16% pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase 90%. (2) Aktivitas siswa memperoleh persentase 74,16%, meningkat pada siklus II dengan persentase 90,83%, (3) Hasil belajar siswa pada siklus I 55,55% dan meningkat pada siklus II sebanyak 87,5. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning dengan menggunakan video pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDN 2 Lamteuba
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nurul Aini |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 04:19 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 04:19 |
URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/50678 |