Muhammad Aditya, 190206028 (2025) Pengelolaan Lingkungan Kelas dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di MAN 4 Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
Muhammad Aditya, 190206028 Pengelolaan FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (5MB)
COVER - BAB 1.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (137kB)
Muhammad Aditya, 190206028_cover-bab1.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Muhammad Aditya, 190206028_cover-bab1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
Abstract
Pengelolaan lingkungan kelas merupakan faktor penting dalam menciptakan pendidikan yang berkualitas, selain kurikulum dan metode pembelajaran. Lingkungan belajar yang kondusif dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini berjudul Pengelolaan Lingkungan Kelas Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di MAN 4 Aceh Besar, bertujuan untuk mengkaji bagaimana pengelolaan lingkungan kelas meliputi aspek fisik, psikologis, dan sosial dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MAN 4 Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori manajemen kelas menurut Emmer dan Evertson yang menekankan pentingnya penataan lingkungan belajar secara menyeluruh untuk menciptakan suasana belajar yang efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan lingkungan fisik dilakukan dengan sangat baik melalui penataan ruang yang nyaman, fasilitas memadai, pencahayaan baik, dan kebersihan terjaga. Pengelolaan lingkungan psikologis berjalan efektif melalui suasana aman, nyaman, aturan yang konsisten, umpan balik konstruktif, dan dukungan emosional dari guru. Lingkungan sosial terbentuk melalui interaksi harmonis, komunikasi terbuka, serta kegiatan ekstrakurikuler yang mendukung keterampilan sosial dan rasa percaya diri siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengelolaan lingkungan kelas yang optimal secara fisik, psikologis, dan sosial memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam |
| Depositing User: | Muhammad Aditya |
| Date Deposited: | 16 Sep 2025 02:33 |
| Last Modified: | 16 Sep 2025 02:33 |
| URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/50685 |
