Pengaruh Pendapatan, Religiusitas, dan Media sosial terhadap Perilaku Konsumtif Pengguna Pinjaman Online Syariah pada Masyarakat Kabupaten Pidie

Muhammad Fathir Achsan, 210603108 (2025) Pengaruh Pendapatan, Religiusitas, dan Media sosial terhadap Perilaku Konsumtif Pengguna Pinjaman Online Syariah pada Masyarakat Kabupaten Pidie. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of layanan keuangan berbasis syariah secara digital. Kata  Kunci:  Pendapatan,  Religiusitas,  Media  Sosial,  Perilaku Konsumtif, Pinjaman Online Syariah] Text (layanan keuangan berbasis syariah secara digital. Kata Kunci: Pendapatan, Religiusitas, Media Sosial, Perilaku Konsumtif, Pinjaman Online Syariah)
Muhammad Fatir Achsan, 210603108, FEBI, PS, 0895600631574.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)
[thumbnail of layanan keuangan berbasis syariah secara digital. Kata  Kunci:  Pendapatan,  Religiusitas,  Media  Sosial,  Perilaku Konsumtif, Pinjaman Online Syariah] Text (layanan keuangan berbasis syariah secara digital. Kata Kunci: Pendapatan, Religiusitas, Media Sosial, Perilaku Konsumtif, Pinjaman Online Syariah)
Muhammad Fatir Achsan, 210603108, FEBI, PS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendapatan, religiusitas, dan media sosial terhadap perilaku konsumtif pengguna pinjaman online syariah pada masyarakat Kabupaten Pidie. Meningkatnya penggunaan layanan pinjaman online berbasis syariah di tengah kemajuan teknologi finansial, khususnya di kalangan generasi muda. Fenomena ini menimbulkan kekhawatiran terhadap kecenderungan perilaku konsumtif yang tidak produktif, terutama jika dipengaruhi oleh faktor-faktor pendukung seperti tingkat pendapatan, tingkat religiusitas, dan intensitas penggunaan media sosial. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden masyarakat Kabupaten Pidie yang telah menggunakan pinjaman online syariah. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda untuk menguji pengaruh variabel independen terhadap perilaku konsumtif. Hasil uji parsial menunjukkan bahwa pendapatan dan religiusitas tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif, karena nilai signifikansi masing- masing lebih besar dari 0,05. Artinya, besar kecilnya pendapatan dan tingkat religiusitas tidak menentukan tingkat konsumsi melalui pinjaman online syariah. Ini menunjukkan bahwa media sosial menjadi faktor utama yang mendorong perilaku konsumtif masyarakat, terutama melalui konten promosi dan interaksi digital. Secara simultan, ketiga variabel independen, yaitu pendapatan, religiusitas, dan media sosial, memiliki pengaruh terhadap perilaku konsumtif pengguna pinjaman online syariah di Kabupaten Pidie. Artinya, kombinasi dari ketiga faktor ini secara bersama- sama dapat menjelaskan kecenderungan masyarakat dalam melakukan konsumsi melalui layanan keuangan berbasis syariah secara digital.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Muhammad Fathir Achsan
Date Deposited: 18 Sep 2025 04:31
Last Modified: 18 Sep 2025 04:31
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/50696

Actions (login required)

View Item
View Item