Kemampuan Pemahaman Konsep Aljabar Siswa SMP/MTs Menggunakan Pendekatan Onto-Semiotic

Maida Huslina, 210205014 (2025) Kemampuan Pemahaman Konsep Aljabar Siswa SMP/MTs Menggunakan Pendekatan Onto-Semiotic. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang pendekatan pembelajaran] Text (Membahas tentang pendekatan pembelajaran)
Skripsi MAIDA HUSLINA (1)[1].pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)
[thumbnail of Membahas tentang pendekatan pembelajaran] Text (Membahas tentang pendekatan pembelajaran)
Skripsi Maida Huslina Sampai bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Pemahaman konsep merupakan kemampuan penting yang harus dimiliki siswa dalam pembelajaran matematika, khususnya pada materi aljabar yang dikenal kompleks dan abstrak. Namun, kenyataannya banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami konsep aljabar secara mendalam. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pendekatan ontosemiotic terhadap kemampuan pemahaman konsep aljabar siswa serta mengetahui perbandingan kemampuan pemahaman konsep aljabar siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan onto-semiotic dengan siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi experimental tipe pretest-posttest design control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kuta Cot Glie. Adapun kelas yang terpilih menggunakan simple random sampling sebagai sampel adalah kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-1 sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini yaitu perangkat pembelajaran, Pretest dan Posstest. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan uji-t satu pihak, maka diperoleh nilai thitung =2,14 dan ttabel = 1,71. Karena thitung > ttabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh pengaruh pendekatan onto-semiotic terhadap kemampuan pemahaman konsep aljabar siswa. Dan setelah dianalisis dengan uji-t pihak kanan dan dua sampel maka diperoleh thitung = 8,227 dan ttabel = 1,675 artinya thitung > ttabel maka disimpulkan bahwa Kemampuan pemahaman konsep aljabar siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan onto-semiotic lebih baik dari kemampuan pemahaman konsep aljabar siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan konvensional.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika) > 512 Aljabar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Maida Huslina
Date Deposited: 15 Sep 2025 03:15
Last Modified: 15 Sep 2025 03:22
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/50784

Actions (login required)

View Item
View Item