Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Menggunakan Jarimatika dalam Pembelajaran Matematika di Kelas III MIN 4 Pidie

Nurul Husna, 200209048 (2025) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Menggunakan Jarimatika dalam Pembelajaran Matematika di Kelas III MIN 4 Pidie. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Menggunakan Jarimatika dalam Pembelajaran Matematika di Kelas III MIN 4 Pidie] Text (Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Menggunakan Jarimatika dalam Pembelajaran Matematika di Kelas III MIN 4 Pidie)
NURUL HUSNA 200209048.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Menggunakan Jarimatika dalam Pembelajaran Matematika di Kelas III MIN 4 Pidie] Text (Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Menggunakan Jarimatika dalam Pembelajaran Matematika di Kelas III MIN 4 Pidie)
COVER- BAB 1 NURUL HUSNA 200209048.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (874kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penguasaan operasi perkalian bagi siswa kelas III sebagai dasar pembelajaran matematika selanjutnya. Observasi awal di MIN 4 Pidie pada 2 September 2024 menunjukkan bahwa banyak siswa kesulitan menghafal dan mengoperasikan tabel perkalian, khususnya angka 6–9. Penggunaan strategi pembelajaran yang tepat diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa. Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw memberikan
kesempatan bagi siswa untuk belajar secara kolaboratif dalam kelompok kecil, saling berbagi pengetahuan, dan bertanggung jawab terhadap pemahaman teman
sekelompoknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw menggunakan Jarimatika dalam
pembelajaran matematika siswa kelas III MIN 4 Pidie. Penelitian menggunakan metode pra-eksperimen dengan desain One-Group Posttest Design. Sampel
penelitian adalah seluruh siswa kelas III MIN 4 Pidie tahun ajaran 2024/2025, sebanyak 14 orang, yang diambil menggunakan teknik sampling jenuh. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar, kemudian dianalisis menggunakan uji One Sample t-test satu pihak (right-tailed). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-
rata hasil belajar siswa setelah perlakuan mencapai 84,29, lebih tinggi dari nilai kriteria ketuntasan minimal 70. Nilai signifikansi (Sig. 1-tailed) < 0,001. Dengan
demikian, hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima, yang berarti rata-rata hasil belajar siswa secara signifikan lebih tinggi dari 70. Dengan demikian,
penerapan model Jigsaw dengan Jarimatika berpengaruh positif dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nurul Husna
Date Deposited: 07 Oct 2025 08:04
Last Modified: 07 Oct 2025 08:04
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/50794

Actions (login required)

View Item
View Item