Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Persepsi Risiko Terhadap Kepuasan Nasabah Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) Syariah Kota Banda Aceh

Risky Rahmadhana, 200603044 (2025) Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Persepsi Risiko Terhadap Kepuasan Nasabah Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) Syariah Kota Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of membahas tentang perbankan syariah] Text (membahas tentang perbankan syariah)
RISKY RAHMADHANA, 200603044 FEBI, PS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[thumbnail of membahas tentang perbankan syariah] Text (membahas tentang perbankan syariah)
RISKY RAHMADHANA, 200603044 FEBI, PS Cover - Bab I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Kepuasan nasabah merupakan indikator penting dalam menilai keberhasilan suatu perusahaan asuransi, termasuk dalam layanan berbasis syariah. Dalam konteks ini, kualitas pelayanan, kualitas produk, dan persepsi risiko menjadi faktor utama yang dapat memengaruhi tingkat kepuasan nasabah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk, dan persepsi risiko terhadap kepuasan nasabah Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) Syariah Kota Banda Aceh, baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden yang merupakan nasabah Jasindo Syariah Banda Aceh, dengan metode pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel kualitas pelayanan dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Sementara itu, variabel persepsi risiko berpengaruh negatif dan signifikan. Secara simultan, ketiga variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. Temuan ini mengindikasikan bahwa kualitas pelayanan dan kualitas produk menjadi faktor utama dalam meningkatkan kepuasan nasabah pada Asuransi Jasindo Syariah Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 360 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 368 Asuransi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Riski Rahmadhana
Date Deposited: 23 Sep 2025 03:48
Last Modified: 23 Sep 2025 03:48
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/50800

Actions (login required)

View Item
View Item