Maulana Firdaus Syah, 200401075 (2025) Pengaruh Ujaran Kebencian (Hate Speech) Terhadap Rasa Percaya Diri Antar Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of Pengaruh Ujaran Kebencian (Hate Speech) Terhadap Rasa Percaya Diri Antar Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Banda Aceh]](http://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI_ MAULANA_FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (7MB)
![[thumbnail of Pengaruh Ujaran Kebencian (Hate Speech) Terhadap Rasa Percaya Diri Antar Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Banda Aceh]](http://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI_MAULANA_BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara ujaran kebencian (hate speech) terhadap rasa percaya diri siswa SMA Negeri 2 Banda Aceh. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi seluruh siswa kelas XI dan sampel sebanyak 68 responden yang ditentukan melalui teknik purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner tertutup berbasis skala Likert dan skala Guttman, kemudian dianalisis melalui uji validitas, reliabilitas, uji korelasi Spearman Rank, dan koefisien determinasi.Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi (sig. 2-tailed) sebesar 0,717 > 0,05, sehingga hipotesis alternatif (H1) ditolak dan hipotesis nol (H0) diterima. Dengan demikian, tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara ujaran kebencian terhadap rasa percaya diri siswa di SMA Negeri 2 Banda Aceh. Meskipun demikian, data deskriptif mengindikasikan bahwa ujaran kebencian tetap hadir dalam kehidupan sosial siswa, khususnya dalam bentuk penghinaan fisik, ejekan, maupun perundungan verbal, yang berpotensi memengaruhi kondisi psikologis individu.Temuan ini menegaskan bahwa faktorfaktor lain di luar ujaran kebencian, seperti dukungan sosial, pengalaman pribadi, maupun pola asuh, lebih dominan dalam memengaruhi tingkat kepercayaan diri siswa. Oleh karena itu, pihak sekolah diharapkan dapat menciptakan lingkungan komunikasi yang sehat dan kondusif agar siswa dapat mengembangkan rasa percaya diri secara optimal.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 373 Pendidikan menengah |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Maulana Firdaus Syah |
Date Deposited: | 03 Oct 2025 01:15 |
Last Modified: | 03 Oct 2025 01:15 |
URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/50873 |