Risva Erlinda, 210201205 (2025) Nilai-Nilai Pendidikan Al-Qur’an Surah ‘Abasa dalam Interaksi Guru dengan Peserta Didik SDN 46 Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
Risva Erlinda, 210201205, FTK, PAI, 085767525705.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (10MB)
Risva Erlinda, 210201205, FTK, PAI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (15MB)
Abstract
Interaksi antara Guru dengan Peserta Didik merupakan hal yang sangat penting dalam dunia pendidikan. Surah ‘Abasa ayat 1-10 sangat relevan dengan dunia pendidikan, khususnya dalam interaksi antara guru dan peserta didik. Seorang guru diharapkan dapat memperlakukan seluruh peserta didik dengan adil, tanpa membedakan latar belakang atau kemampuan mereka, dan memberikan perhatian yang penuh kepada setiap peserta didik. Surah ‘Abasa ayat 1-10 menekankan pentingnya memperlakukan setiap orang dengan adil dan penuh perhatian tanpa memandang status sosial atau fisik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam Surah ‘Abasa ayat 1-10, penerapannya dalam interaksi guru dengan peserta didik, serta kendala yang dihadapi guru dalam menerapkannya. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 46 Banda Aceh, Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam Surah ‘Abasa ayat 1-10 adalan nilai kesetaraan, penghargaan, keteladanan dan keadilan. Guru SDN 46 Banda Aceh telah menerapkan nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam Surah ‘Abasa ayat 1-10, seperti memberikan perhatian yang merata terhadap semua peserta didik tanpa membedakan latar belakang, kemampuan atau prestasi akademik. Namun, terdapat juga kendala yang dihadapi guru, baik yang berkaitan dengan karakter peserta didik maupun dari lingkungan dan latar belakang peserta didik. Di antara kendala yang sering dihadapi guru adalah kurangnya keterbukaan dari peserta didik terhadap kesulitan yang mereka alami.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.6 Kandungan Al-Qur'an 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Risva Erlinda |
| Date Deposited: | 22 Sep 2025 03:38 |
| Last Modified: | 22 Sep 2025 03:38 |
| URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/50879 |
