Strategi guru dalam meningkatkan minat baca siswa kelas IVSD/MI

Cut Rahmi, 210209091 (2025) Strategi guru dalam meningkatkan minat baca siswa kelas IVSD/MI. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Strategi guru dalam meningkatkan minat baca siswa kelas IVSD/MI] Text (Strategi guru dalam meningkatkan minat baca siswa kelas IVSD/MI)
CUT RAHMI - 210209091.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[thumbnail of Strategi guru dalam meningkatkan minat baca siswa kelas IVSD/MI] Text (Strategi guru dalam meningkatkan minat baca siswa kelas IVSD/MI)
CUT RAHMI - 210209091 BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi guru dalammeningkatkan minat baca siswa kelas IV di MIN 6 Pidie Jaya serta faktor-faktorpendukung dan penghambat yang memengaruhi penerapannya. Minat bacamerupakan salah satu aspek penting dalam pembentukan budaya literasi siswasejak usia dini. Oleh karena itu, peran guru sangat penting sebagai perancang danpelaksana strategi pembelajaran yang dapat menumbuhkan ketertarikan siswaterhadap aktivitas membaca. Penelitian ini menggunakan metode kualitatifdeskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara,dan dokumentasi. Data analisis secara kualitatif melalui tahapan reduksi data,penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwaguru kelas IV di MIN 6 Pidie Jaya telah menerapkan berbagai strategi yangefektif untuk meningkatkan minat baca siswa, seperti kegiatan literasi pagi,penyediaan pojok baca di kelas, pembiasaan membaca bersama, serta keterlibatansiswa dalam kegiatan mencerita kembali isi bacaan. Stategi tersebut mampumembangun suasana belajar yang menyenangkan dan memotivasi siswa untukmembaca. Faktor pendukung dalam penerapan strategi ini adalah komitmen guru,dukungan kepala sekolah, kerja sama dengan orang tua, dan tersedianyalingkungan belajar yang mendukung. Adapun faktor penghambatnya kurangnyakebiasaan membaca dirumah, Keterbatasan bahan bacaan, pengaruh gadget, sertakurang mampu membaca siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwastrategi yang diterapkan guru telah memberikan pengaruh positif terhadappeningkatan minat baca siswa kelas IV. Meskipun masih menghadapi beberapakendala, namun hambatan tersebut dapat diminimalisir dengan adanya dukungandari berbagai pihak, baik dari guru, sekolah, maupun orang tua siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.4 Membaca
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Cut Rahmi
Date Deposited: 24 Sep 2025 03:03
Last Modified: 24 Sep 2025 03:03
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/51001

Actions (login required)

View Item
View Item