Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Sains untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPAS Kelas VA MIN 1 Gayo Lues

Abdul Halim, 200209116 (2025) Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Sains untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPAS Kelas VA MIN 1 Gayo Lues. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of abdul halim_merged_watermark.pdf] Text
abdul halim_merged_watermark.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[thumbnail of membahas tentang solusi meningkatkan hasil belajar siswa] Text (membahas tentang solusi meningkatkan hasil belajar siswa)
abdul halim_merged_watermark.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)
[thumbnail of membahas tentang solusi meningkatkan hasil belajar siswa] Text (membahas tentang solusi meningkatkan hasil belajar siswa)
ba1_abdul halim_merged_watermark.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Pada proses pelaksanaan pembelajaran IPAS kelas Va di MIN 1 Gayo Lues menunjukkan bahwa proses pembelajaran IPAS yang dilakukan masih berfokus pada pencapaian konsep IPAS guru belum menggunakan pendekatan yang dapat melatih ketrampilan proses sains dan hasil belajar siswa masih dibawah Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP). Tujuan penelitian ini yaitu Mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa dan menganalisis hasil belajar siswa melalui penerapan pendekatan keterampilan proses sains pada pembelajaran IPAS Kelas VA MIN 1 Gayo Lues. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi dan tes, Analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas gulrul pada sikluls I dipelrolelh pelrselntasel 76,60 % katelgori baik dan pada sikluls II melngalami pelningkatan selbanyak 87,62 % katelgori baik selkali. Pelningkatan ini dipelrolelh karelna adanya pelrbaikan kelkulrangan pada prosels pelmbellajaran. Aktivitas siswa sellama prosels pelmbellajaran delngan pendekatan Keterampilan Proses Sains pada pembelajaran IPAS kelas Va MIN 1 Gayo Lues pada sikluls I dipelrolelh pelrselntasel 45,45 % katelgori baik dan pada sikluls II melngalami pelningkatan selbanyak 85,44 % katelgori baik selkali, pelningkatan ini julga dipelrolelh karelna adanya pelrbaikan kelkulrangan pada prosels pelmbellajaran. Hasil Belajar siswa pada sikluls I dipelrolelh pelrselntasel 64 % katelgori kurang dan pada sikluls II melngalami pelningkatan menjadi 91,67 % katelgori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Sains dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS kelas Va MIN 1 Gayo Lues.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Abdul Halim
Date Deposited: 08 Sep 2025 03:21
Last Modified: 08 Sep 2025 07:35
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/51009

Actions (login required)

View Item
View Item