Implementasi Chemcollective Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Kimia Siswa Pada Materi Titrasi Asam Basa Di Man 6 Aceh Besar

Wardatul Husna, 210208038 (2025) Implementasi Chemcollective Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Kimia Siswa Pada Materi Titrasi Asam Basa Di Man 6 Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.

[thumbnail of Chemcollective, Pembelajaran Interaktif, Pemahaman Konsep Kimia, Ttrasi Asam Basa] Text (Chemcollective, Pembelajaran Interaktif, Pemahaman Konsep Kimia, Ttrasi Asam Basa)
Wardatul Husna, 210208038, FTK, PKM, 087793278995.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[thumbnail of Chemcollective, Pembelajaran Interaktif, Pemahaman Konsep Kimia, Ttrasi Asam Basa] Text (Chemcollective, Pembelajaran Interaktif, Pemahaman Konsep Kimia, Ttrasi Asam Basa)
Wardatul Husna, 210208038, FTK, PKM.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di MAN 6 Aceh Besar karena keterbatasan sarana praktikum dan pengelolaan laboratorium kimia yang kurang baik. Disamping itu, guru juga belum pernah menggunakan laboratorium virtual berbasis Chemcollective pada materi titrasi asam basa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan hasil belajar peserta didik dan mengetahui respon peserta didik terhadap hasil implementasi tersebut. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental design dengan rancangan penelitian one group pretest-postest design. Pengambilan sampel ini diambil dengan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIA 1 sebanyak 21 orang. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar soal tes dan lembar angket respon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil perhitungan uji N-Gain Score pada kelas eksperimen adalah sebesar 0,72 dengan kategori tinggi dan persentase 74,83% dengan kategori cukup efektif yang berarti implementasi laboratorium virtual berbasis chemcollective dapat meningkatkan pemahaman konsep kimia siswa pada materi titrasi asam basa di MAN 6 Aceh Besar. Berdasarkan hasil analisis lembar angket respon peserta didik, diperoleh persentase sebesar 76,7% yang menunjukkan bahwa implementasi laboratorium virtual berbasis chemcollective termasuk dalam kategori setuju

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia) > 546 Kimia Anorganik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Wardatul Husna
Date Deposited: 08 Sep 2025 09:10
Last Modified: 08 Sep 2025 09:10
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/51032

Actions (login required)

View Item
View Item