Pemanfaatan Website Oemar Diyan Sebagai Media Promosi Pesantren

Mira Agustin, 210401076 (2025) Pemanfaatan Website Oemar Diyan Sebagai Media Promosi Pesantren. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Strategi Pemanfaatan Website Oemar Diyan Sebagai Media Promosi Pesantren] Text (Strategi Pemanfaatan Website Oemar Diyan Sebagai Media Promosi Pesantren)
Mira Agustin 210401076 (2025).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Strategi Pemanfaatan Website Oemar Diyan Sebagai Media Promosi Pesantren] Text (Strategi Pemanfaatan Website Oemar Diyan Sebagai Media Promosi Pesantren)
Mira Agustin 210401076 (2025) Cover- Bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Website adalah media digital yang menghubungkan seseorang/lembaga dengan masyarakat luas. Website pada sebuah lembaga pendidikan dapat berfungsi sebagai media promosi lembaga. Dayah Oemar Diyan Indrapuri memiliki Website www.oemardiyan.com yang digunakan sebagai media promosi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi konten promosi dan mengetahui strategi pemanfaatan Website Oemar Diyan sebagai media promosi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan dilaporkan secara deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi pada Website, wawancara dengan pengelola dan pimpinan pesantren, serta dokumentasi. Strategi pemanfaatan Website dianalisis menggunakan teori Integrated Marketing Communication (IMC). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Website Oemar Diyan memiliki 9 rubrik promosi. Dari 9 rubrik tersebut, terdapat 2 rubrik yang paling diutamakan sebagai media promosi, yaitu: rubrik Profil Pesantren dan Kegiatan Santri. Pada Rubrik Kegiatan Santri dibagi menjadi 2 bentuk promosi, yaitu melalui artikel berita dan berita foto. Adapun strategi yang digunakan untuk promosi adalah strategi konten yang mencakup strategi konten yang relevan dan akurat, strategi desain yang elegan dan responsif, strategi SEO untuk visibilitas tinggi di mesin pencari, serta strategi integrasi media sosial melalui Instagram untuk memperluas jangkauan. Pemanfaatan Website ini terbukti efektif dalam membangun citra, meningkatkan jangkauan informasi, dan menjalin komunikasi dengan calon santri serta masyarakat luas.
Kata Kunci: Website, Promosi Pesantren, Strategi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 004 Computer Science
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren > 2X7.341 Pesantren
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mira Agustin
Date Deposited: 10 Sep 2025 04:42
Last Modified: 10 Sep 2025 04:49
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/51090

Actions (login required)

View Item
View Item