Novi Safira, 210209145 (2025) Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Dengan Media Amplop Untuk Meningkatkan Kemampuan Menemukan Ide Pokok Siswa Kelas IV SDN Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
NOVI SAFIRA - 210209145 BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (940kB)
NOVI SAFIRA - 210209145.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan menemukan ide pokok siswa yang ditandai dengan kurangnya dalam menemukan ide pokok berdasarkan letak ide pokoknya terlihat pada siswa yang masih kesulitan menentukannya. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menemukan ide pokok paragraf melalui model pembelajaran inkuiri dengan media amplop kartu paragraf dan mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan membaca siswa dalam menemukan ide pokok paragraf melalui model pembelajaran inkuiri dengan media amplop kartu paragraf. Adapun penelitian ini menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan media amplop kartu paragraf. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksankan dengan II siklus. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV SD Negeri 61 Banda Aceh tahun ajaran 2025/2026 berjumlah 18 siswa. Instrumen pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa serta lembar tes soal membaca pemahaman. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa persentase aktivitas guru pada siklus I memperoleh angka 67,5 % (kategori penilain baik) dan pada siklus II memperoleh angka 88,75 % (kategori) penilian baik sekali). Aktivitas siswa pada siklus I mendapatkan persentase 65,6 % (kategori penilaian cukup) dan pada siklus II mendapatkan persentase sebesar 85,93 % (kategori baik sekali). Selain itu, Kemampuan menemukan ide pokok siswa meningkat
signifikan dari siklus I memperoleh persentase 44,4 % ( kategori penilaian cukup) dan pada siklus II memperoleh persentase 83,3 % (kategori penilaian baik sekali). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa adanya penerapan model pembelajaran inkuiridengan media amplop kartu paragraf dapat meningkatkan kemampuan menemukan ide pokok yang dimana siswa kelas IV SD Negeri 61 Banda Aceh sudah dapat menentukan ide pokok berdasarkan letaknya dan dapat membedakan ide pokok dan ide pendukung.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | Novi Safira |
| Date Deposited: | 08 Sep 2025 08:23 |
| Last Modified: | 08 Sep 2025 08:23 |
| URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/51106 |
