Pengembangan Modul Ajar Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi pada Materi Aljabar di SMP/MTs

Liska Zahara, 210205043 (2025) Pengembangan Modul Ajar Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi pada Materi Aljabar di SMP/MTs. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of membahas tentang matematika] Text (membahas tentang matematika)
SKRIPSI Liska Zahara.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)
[thumbnail of membahas tentang matematika] Text (membahas tentang matematika)
SKRIPSI Liska Zahara_BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Rakyat Indonesia mengeluarkan kebijakan di bidang pendidikan yang disebut dengan merdeka belajar pada tahun 2019. Merdeka belajar adalah kebijakan yang besar dalam rangka mewujudkan perubahan pada pendidikan di Indonesia. Salah satu sumber daya pembelajaran yang dimanfaatkan dalam proses pembelajaran matematika pada Kurikulum Merdeka adalah modul ajar. Modul ajar sangat berperan sebagai rencana pembelajaran yang komprehensif dan detail untuk guru dalam melaksanakan Kurikulum Merdeka. Namun pada kenyataannya modul aljabar berbasis pembelajaran berdiferensiasi masih kurang. Sebagian besar guru masih mengandalkan modul pembelajaran yang tersedia secara daring, dan hanya sebagian kecil yang mampu membuat modul sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan modul ajar model Problem Based Learning (PBL) berbasis pembelajaran berdiferensiasi pada materi aljabar di SMP/MTs yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengikuti langkah-langkah pengembangan 4-D. Model pengembangan 4-D terdiri dari empat tahap utama yaitu pembatasan (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop) dan tahap penyebaran (dissemination). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar validasi ahli materi dan lembar validasi ahli media. Hasil penelitian menunjukkan modul ajar yang dikembangkan memenuhi kriteria kevaliditasan, dari segi materi modul ajar memperoleh persentase sebesar 94,7% dengan kriteria sangat valid dan dari segi media modul ajar memperoleh persentase sebesar 96,3% dengan kriteria sangat valid. Sehingga dapat disimpulkan bahwa modul ajar yang dikembangkan memenuhi kriteria yang sangat valid sehingga modul ajar tersebut sudah dapat digunakan dan diterapkan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Liska Zahara
Date Deposited: 12 Sep 2025 04:03
Last Modified: 12 Sep 2025 04:03
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/51117

Actions (login required)

View Item
View Item