Lutfi Reza Saputra, 210211006 (2025) Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk meningkatkan Hasil Belajar Dasar Dasar Listrik Dan Elektronika Pada Siswa SMKN 1 Darul Kamal. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
Lutfi Reza Saputra, 2100211006, FTK, PTE.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
Cover - BAB I Lutfi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB)
Abstract
Rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar-Dasar Listrik dan Elektronika di SMKN 1 Darul Kamal disebabkan oleh pembelajaran yang masih berpusat pada guru. Pola pembelajaran tersebut membuat siswa kurang aktif, cenderung pasif, serta mengalami kesulitan dalam memahami konsep yang diajarkan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diterapkan model pembelajaran Discovery Learning yang berorientasi pada keterlibatan aktif siswa, di mana siswa didorong untuk menemukan pengetahuan dan konsep secara mandiri melalui proses bertanya, mengamati, menalar, serta menarik kesimpulan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa serta respon mereka dalam proses pembelajaran. Desain penelitian ini menggunakan desain one Shot Case Study. Sampel penelitian adalah kelas X TITL yang berjumlah 21 siswa. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar yang diberikan satu kali kepada siswa setelah proses pembelajaran berlangsung serta angket respon siswa. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif dan uji prasyarat menggunakan program SPSS untuk memastikan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai posttest siswa berada pada rentang 70–90 dengan rata-rata 70,95. Dari total 21 siswa, sebanyak 12 orang (77,50%) mencapai ketuntasan belajar (≥75), sehingga memenuhi kriteria ketuntasan klasikal. Selain itu, respon siswa terhadap pembelajaran mencapai skor rata-rata 73,15% yang termasuk dalam kategori “tertarik”. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning berpengaruh positif serta efektif dalam meningkatkan hasil belajar Dasar-Dasar Listrik dan Elektronika, sekaligus memperoleh respon yang baik dari siswa. Dengan demikian, Discovery Learning layak dijadikan alternatif model pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di SMK, terutama pada mata pelajaran Dasar-dasar Listrik dan Elektronika
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | 600 Technology (Applied Sciences) > 620 Engineering and Allied Operations (Ilmu Teknik dan Ilmu yang Berkaitan) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
| Depositing User: | Lutfi Reza Saputra |
| Date Deposited: | 01 Sep 2025 03:48 |
| Last Modified: | 01 Sep 2025 03:53 |
| URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/51128 |
