Syahbana Azmi, 210206050 (2025) Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Di SMKN 2 Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
cover-bab 1 syahbana.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB)
Skripsi Syahbana azmi yudis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Kompetensi Guru terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik di SMKN 2 Banda Aceh” yang dilatarbelakangi oleh menurunnya motivasi belajar siswa di era Revolusi Industri 5.0, ditandai dengan rendahnya semangat, minat, dan partisipasi dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kompetensi guru, motivasi belajar siswa, serta menguji pengaruh kompetensi guru terhadap motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi sebanyak 220 siswa dan analisis data regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi guru berada pada kategori tinggi (M = 86,73; SD = 4,78), sedangkan motivasi belajar siswa berada pada kategori sedang (M = 64,90; SD = 3,85). Persamaan regresi diperoleh Y = 5,642 + 0,683X dengan F-hitung = 557,703 dan t-hitung = 23,616 (p < 0,05). Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,719 menunjukkan bahwa 71,9% variasi motivasi belajar dipengaruhi oleh kompetensi guru, sedangkan 28,1% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kompetensi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa, sehingga peningkatan profesionalisme pendidik menjadi strategi penting dalam menghadapi tantangan Revolusi Industri 5.0.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam |
| Depositing User: | Syahbana Azmi |
| Date Deposited: | 24 Oct 2025 02:41 |
| Last Modified: | 24 Oct 2025 02:41 |
| URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/51149 |
