Noratul Ikramah, 210202035 (2025) Penggunaan Media Flipping Book pada Pembelajaran Jumlah Ismiyah dan Jumlah Fi‟liyah untuk Meningkatkan Siswa dalam Pembelajaran Nahwu di MTsN 2 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
SKRIPSI NORATUL IKRAMAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (5MB)
COVER - BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB)
Abstract
Pembelajaran nahwu, khususnya pembelajaran jumlah ismiyah dan jumlah fi„liyah, masih menjadi tantangan bagi siswa MTsN 2 Banda Aceh karena metode yang digunakan cenderung monoton dan kurang interaktif. Kondisi ini menuntut adanya inovasi media pembelajaran yang mampu meningkatkan perhatian serta pemahaman siswa.Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penggunaan media Flipping Book dalam pembelajaran nahwu, khususnya pembelajaran jumlah ismiyah dan jumlah fi„liyah, dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran nahwu di MTsN 2 Banda Aceh. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain One-Group Pre-Test Post-Test dengan jumlah sampel sebanyak 25 siswa kelas VIII MTsN 2 Banda Aceh. Data diperoleh melalui (pre-test) dan (post-test) untuk mengukur peningkatan pemahaman siswa setelah pembelajaran menggunakan Flipping Book. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan uji Paired Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Flipping Book efektif dalam pembelajaran nahwu, khususnya materi jumlah ismiyah dan jumlah fi„liyah. Rata-rata nilai pre-test sebesar 56,8 meningkat menjadi 84,92 pada post-test, menunjukkan peningkatan signifikan dari kategori 'baik' menjadi 'sangat baik'. Nilai signifikansi uji-T sebesar 0,000 <0,05 mengonfirmasi adanya perbedaan yang signifikan antara hasil pre-test dan post-test. Dengan demikian, hasil ini menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Sehingga membuktikan bahwa Flipping Book berdampak positif terhadap peningkatan pemahaman siswa.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | 400 Languages (Bahasa) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
| Depositing User: | Noratul Ikramah |
| Date Deposited: | 24 Sep 2025 04:56 |
| Last Modified: | 24 Sep 2025 04:56 |
| URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/51161 |
