Fathia Rahmah, 210202206 (2025) Efektivitas My Happy Route dalam Meningkatkan Keterampilan siswa Mendengar di sekolah MTsN 4 Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
فعالية وسيلة my happy route في لترقية قدرة الطلاب الفصل السادس على مهارةالاستماع دراسة بجريبية ب MIN 13 Aceh Besar (1) (1) (1) (3)_compressed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
COVER - BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
Abstract
Keterampilan menyimak merupakan salah satu aspek penting dalam penguasaan bahasa Arab, karena menjadi dasar dalam memahami pesan lisan dan memperkuat kompetensi berbahasa secara menyeluruh. Namun, kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa banyak siswa mengalami kesulitan dalam menyimak kosakata dan memahami isi percakapan berbahasa Arab. Hal ini dipengaruhi oleh kurangnya variasi media pembelajaran yang digunakan oleh guru. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran My Happy Route, yaitu sebuah permainan edukatif berbasis ular tangga yang dimodifikasi untuk melatih keterampilan menyimak secara interaktif dan menyenangkan.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pre-test and Post-test Design dengan melibatkan siswa kelas VI MTsN 4 Banda Aceh sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes (pre-test dan post-test) dan angket respons siswa. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test dengan bantuan aplikasi SPSS.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada kemampuan menyimak siswa setelah diterapkan media My Happy Route. Rata-rata nilai post-test (86,25) lebih tinggi dibandingkan pre-test (77,18), dengan nilai signifikansi (p-value) sebesar 0,001 (< 0,05). Selain itu, hasil angket menunjukkan bahwa 89,68% siswa memberikan respons positif terhadap media ini, menunjukkan bahwa media ini menyenangkan, mudah dipahami, dan membantu mereka memahami materi lebih baik.Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa media My Happy Route efektif dalam meningkatkan keterampilan menyimak bahasa Arab siswa dan dapat menjadi alternatif media pembelajaran inovatif yang patut dikembangkan lebih lanjut.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
| Depositing User: | Fathia Rahmah |
| Date Deposited: | 01 Sep 2025 05:02 |
| Last Modified: | 01 Sep 2025 05:02 |
| URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/51238 |
