Laila, 210201025 (2025) Penarapan Media Film Animasi Uuntuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Dinasti Umayyah Mata Pelajaran SKI pada Siswa Kelas VIII MTs AL-Washliyah 39 Dolok Masihul Sumatera Utara. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.
Laila, 210201025, FTK, PAI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (4MB)
Cover - BAB I Laila.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB)
Abstract
Penggunaan media dalam pembelajaran mempunyai peranan yang penting untuk menciptakan pembelajaran yang menarik bagi siswa sehingga siswa lebih bersemangat dalam proses pembelajaran yang nantinya berimplikasi pada meningkatkan pemahaman siswa. Namun di MTs Al Washliyah 39 Dolok Masihul, Sumatera Utara, masih minim guru yang menggunakan media selama proses pembelajaran sehingga hal ini berpengaruh pada hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan media film animasi pada materi Dinasti Umayah dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam serta mengukur peningkatan hasil belajar siswa setelah penggunaannya, juga untuk melalui PTK untuk aktivitas guru dan siswa dalam penerapan media film animasi pada pembelajaran tersebut. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan di MTs Al Washliyah 39 Dolok Masihul, Sumatera Utara dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII sebanyak 23 orang. Adapun cara pengumpulan datanya yaitu melalui tes hasil belajar siswa, lembar aktivitas siswa dan guru dalam pembelajaran. Data yang didapatkan dianalisis menggunakan persentase dan rata-rata. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini berlangsung selama 2 siklus. Hasil PTK ini adalah belajar siswa pada siklus I hanya nilai rata-rata 69,57 dari target KKM 75. memerlukan nilai rata-rata siklus II meningkat menjadi 78,26 hanya kategori baik sekali. Sedangkan aktivitas guru siklus I hanya mencapai 68% dengan kategori cukup, pada siklus II telah meningkat menjadi 83,82% hampir mencapai kategori sempurna. Aktivitas siswa dalam pembelajaran pada siklus I hanya mencapai 69% dengan kategori cukup, pada siklus II meningkat secara signifikan menjadi 82,35% dengan kategori baik sekali. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa pada materi Dinasti Umayah dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam melalui penerapan media film animasi
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Laila Laila |
| Date Deposited: | 08 Sep 2025 03:28 |
| Last Modified: | 08 Sep 2025 03:28 |
| URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/51254 |
