Laila Aufa, 210201191 (2025) Nilai-Nilai Humanisme Dalam Film Hickhi Dan Implikasinya Terhadap Mujahadah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Laila Aufa, 210201191, FTK, PAI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB) | Request a copy
Laila Aufa, 210201191, FTK, PAI - cover-bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji nilai-nilai humanisme dalam film Hichki serta implikasinya terhadap mujahadah. Film Hichki menggambarkan perjuangan Naina Mathur, seorang guru dengan sindrom Tourette, dalam menghadapi diskriminasi dan tantangan sosial sebagai pendidik. Melalui pendekatan kualitatif dengan metode studi teks dan teori semiotika Charles Sanders Peirce, penelitian ini mengungkap nilai-nilai humanisme dalam film serta relevansinya dengan konsep mujahadah dalam perspektif Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa film Hichki memuat nilai-nilai humanisme seperti kebebasan, kerjasama, rela berkorban, peduli, tolong-menolong, dan solidaritas. Nilai-nilai tersebut ditampilkan melalui perjuangan Naina dalam mendidik siswa kelas 9F, yang awalnya dianggap bermasalah. Implikasi nilai humanisme terhadap mujahadah tampak pada upaya Naina menghadapi diskriminasi dengan sabar dan gigih, mencerminkan semangat mujahadah dalam menghadapi kesulitan hidup dengan ketabahan dan pengabdian. Penelitian ini diharapkan dapat memperkaya pemahaman tentang integrasi nilai humanisme dan mujahadah dalam dunia pendidikan, serta menjadi inspirasi bagi pendidik dalam menerapkan pendekatan humanis.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Nilai, Humanisme, film, dan mujahadah |
| Subjects: | 000 Computer Science, Information and System > 001 Knowledge |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Laila Aufa |
| Date Deposited: | 01 Sep 2025 09:07 |
| Last Modified: | 01 Sep 2025 09:07 |
| URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/51274 |
