Safrina, 231007010 (2025) Strategi Komunikasi Guru dalam Mengimplementasikan Pembelajaran di SDIT Quantum School Aceh. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
Safrina_231007010_KPI_TESIS FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB)
Safrina_231007010_KPI_Tesis COVER - BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi guru dalam mengimplementasikan pembelajaran di SDIT Quantum School Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode deskriptif. Subjek penelitian terdiri atas lima orang guru PAI, kepala sekolah, Waka kesiswaan, dan siswa. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menerapkan strategi komunikasi guru memainkan peran krusial dalam menciptakan pembelajaran yang efektif dan bermakna. Tiga strategi utama yang diterapkan adalah komunikasi interpersonal untuk membangun hubungan emosional yang positif antara guru dan siswa, komunikasi instruksional dalam penyampaian materi secara sistematis dan komunikatif, serta komunikasi edukatif dan persuasif yang disampaikan melalui penyisipan nilai-nilai Islam dan kisah-kisah keteladanan dalam proses belajar mengajar. Faktor pendukung strategi ini meliputi budaya sekolah yang Islami dan humanis, dan partisipasi orang tua. Namun terdapat pula sejumlah hambatan yang dihadapi guru, seperti perbedaan karakteristik siswa, waktu pembelajaran yang terbatas, kendala teknis, serta pengaruh lingkungan luar sekolah.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi |
| Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Komunikasi dan Penyiaran Islam |
| Depositing User: | Safrina Safrina |
| Date Deposited: | 01 Sep 2025 04:01 |
| Last Modified: | 29 Sep 2025 04:16 |
| URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/51295 |
