Penerapan Permainan Broken Text Dalam Pembelajaran Menulis Di MIN 7 Kota Banda Aceh

Kana Zuhaira Alfa Syuhuri, 210202120 (2025) Penerapan Permainan Broken Text Dalam Pembelajaran Menulis Di MIN 7 Kota Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Permainan Broken Text Dalam Pembelajaran Menulis Di MIN 7 Kota Banda Aceh] Text (Penerapan Permainan Broken Text Dalam Pembelajaran Menulis Di MIN 7 Kota Banda Aceh)
kana skripsi revisi. gacor banget (2).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[thumbnail of Penerapan Permainan Broken Text Dalam Pembelajaran Menulis Di MIN 7 Kota Banda Aceh] Text (Penerapan Permainan Broken Text Dalam Pembelajaran Menulis Di MIN 7 Kota Banda Aceh)
COVER - BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan permasalahan yang dihadapi siswa kelas lima di MIN 7 KOTA BANDA ACEH, banyak di antara mereka mengalami kesulitan dalam menulis bahasa Arab. Selain itu, minat siswa dalam belajar bahasa Arab juga rendah dibandingkan dengan mata pelajaran lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah permainan Broken Text efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa dan untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan permainan Broken Text dalam pembelajaran menulis di MIN 7 KOTA BANDA ACEH. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas lima dengan jumlah 182 orang, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas 5-2 yang berjumlah 30 orang. Peneliti menggunakan tes awal (pre-test), tes akhir (post-test), dan angket sebagai instrumen penilaian. Persentase respon siswa terhadap penerapan permainan Broken Text dalam pembelajaran menulis yang diperoleh dari angket adalah 95,5%, yang berada dalam rentang nilai 81–100%, yaitu kategori sangat baik. Hasil uji (Sig. 2-tailed) T diperoleh sebesar 0,00 lebih kecil dari 0,05, yang menunjukkan bahwa hipotesis (H0) ditolak dan hipotesis (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa penerapan permainan Broken Text efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.6 Bahasa (Ketrampilan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Kana Zuhaira Alfa Syuhuri
Date Deposited: 01 Sep 2025 07:58
Last Modified: 01 Sep 2025 07:58
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/51332

Actions (login required)

View Item
View Item