Pengembangan Video Dubbing Bahasa Arab untuk meningkatkan Keterampilan Berbicara di MIN 36 Aceh Besar

Salsabila, 210202044 (2025) Pengembangan Video Dubbing Bahasa Arab untuk meningkatkan Keterampilan Berbicara di MIN 36 Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan Video Dubbing Bahasa Arab untuk meningkatkan Keterampilan Berbicara di MIN 36 Aceh Besar] Text (Pengembangan Video Dubbing Bahasa Arab untuk meningkatkan Keterampilan Berbicara di MIN 36 Aceh Besar)
Skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[thumbnail of Pengembangan Video Dubbing Bahasa Arab untuk meningkatkan Keterampilan Berbicara di MIN 36 Aceh Besar] Text (Pengembangan Video Dubbing Bahasa Arab untuk meningkatkan Keterampilan Berbicara di MIN 36 Aceh Besar)
COVER - BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan maharah kalam dan untuk mengetahui kelayakan produk pengembangan dalam bentuk video. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode “penelitian dan pengembangan” (research and development) dengan menggunakan teori ADDIE berdasarkan William Lee. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dan evaluasi. Metode analisis data yang digunakan peneliti adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan video pembelajaran Bahasa Arab untuk meningkatkan maharah kalam terdiri dari 5 langkah utama yaitu: 1) Analisis, yang terdiri dari guru masih kurang menggunakan media dalam proses belajar mengajar dan tidak memanfaatkan teknologi yang ada, Analisa peserta didik: bahwa peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi pembelajaran Bahasa Arab, analisa konsep: bahwa materi pengembangan yaitu al- ghuraf fil bayt, dan analisa tujuan pembelajaran bahwa tujuan pembelajaran peserta didik mampu mengulang kembali materi pembelajaran Bahasa Arab. 2) Desain, yang terdiri dari mendesain materi yang akan dikembangkan dan memilih fitur. aplikasi yang digunakan untuk mengembangakan video yaitu Youtube dan Inshot, pemilihan media: media yang digunakan adalah video pembelajaran Bahasa Arab, rancangan awal: perancangan video menggunakan aplikasi YouTube dan Inshot. 3) Pengembangan, pengembangan yang terdiri dari penilaian ahli: Hasil validasi dari aspek media memperoleh nilai 90,62. revisi: pembukaan dan penutupan video disesuaikan dengan tema dan gambar, pengembangan materi: materi yang dikembangkan dalam bentuk mufradat. 4) Implementasi, video yang dikembangkan akan di implementasikan kepada siswa MI kelas IV. 5) Evaluasi, hasil yang didapatkan dari implementasi mendapatkan hasil 86,95.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Salsabila Salsabila
Date Deposited: 01 Sep 2025 08:01
Last Modified: 01 Sep 2025 08:01
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/51342

Actions (login required)

View Item
View Item