Hasna Marham, 210201128 (2025) Implementasi Metode Baca Al-Qur’an pada Program Diniyah di SMPN 1 Baitussalam Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
Hasna Marham, 210201128, FTK, PAI, 082361154860.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (5MB)
Hasna Marham, 210201128, FTK, PAI.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (8MB)
Abstract
SMPN 1 Baitussalam Aceh Besar termasuk sekolah yang menerapkan program Diniyah, yaitu sebuah program yang menitikberatkan pada penguatan ilmu keislaman, termasuk kemampuan membaca al-Qur’an. Meskipun pembelajaran baca al-Quran rutin dilaksanakan setiap hari namun masih banyak siswa di SMPN ini yang belum mampu membaca al-Qur’an dengan baik dan benar, terutama pada aspek makharijul huruf dan bacaan mad. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode baca al-Qur’an dalam program Diniyah di SMPN 1 Baitussalam, kendala dan upaya guru dalam mengatasi hambatan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi di SMPN 1 Baitussalam. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, 2 orang guru Diniyah dan 5 siswa kelas IX. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode baca al-Qur’an di program Diniyah telah berjalan secara sistematis dan teratur sesuai dengan pelaksanaanya. Namun demikian, penerapan metode yang digunakan masih perlu ditingkatkan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara optimal, terutama dalam memperbaiki kualitas bacaan siswa. Kemudian, terdapat dua kendala dalam proses implementasi baca al-Qur’an yaitu: 1) kendala internal, meliputi kemampuan dasar siswa, kemampuan rata-rata, dan minat belajar baca al-Qur’an. 2) kendala eksternal, meliputi guru, sarana dan prasarana, dan orang tua. Dalam hal ini, upaya yang dapat dilakukan yaitu penyediaan sarana dan prasarana, dukungan terhadap guru, perbaikan jadwal/waktu, kolaborasi dan komunikasi
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Hasna Marham |
| Date Deposited: | 02 Sep 2025 07:34 |
| Last Modified: | 02 Sep 2025 07:34 |
| URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/51417 |
