Penerapan Metode Diskusi Berbantuan Media Word Wall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD/MI

Muhammad Fazil, 200209062 (2025) Penerapan Metode Diskusi Berbantuan Media Word Wall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD/MI. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Metode Diskusi Berbantuan Media Word Wall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD/MI] Text (Penerapan Metode Diskusi Berbantuan Media Word Wall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD/MI)
Muhammad Fazil, 200209062, FTK, PGMI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[thumbnail of Penerapan Metode Diskusi Berbantuan Media Word Wall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD/MI] Text (Penerapan Metode Diskusi Berbantuan Media Word Wall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD/MI)
COVER - BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Observasi awal di kelas V SD Negeri 4 Banda Aceh menunjukkan rendahnya minat dan motivasi belajar, yang berdampak pada hasil belajar di bawah KKTP 75. Sebab itulah, tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa dalam penerapan metode diskusi berbantuan media wordwall, dan mengukur peningkatan hasil belajar siswa dengan metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan subjek penelitian adalah 30 siswa kelas V-A. Data dikumpulkan melalui observasi aktivitas guru dan siswa, serta tes hasil belajar pada setiap siklus. Analisis data dilakukan dengan menghitung persentase ketercapaian aktivitas dan ketuntasan belajar. Maka, mendapatkan hasil bahwa adanya peningkatan signifikan pada aktivitas guru dan siswa, dari kategori “baik” pada siklus I menjadi “baik sekali” pada siklus II. Ketuntasan hasil belajar siswa meningkat dari 62,5% pada siklus I menjadi 87,5% pada siklus II, melampaui indikator keberhasilan ≥75%. Dapat diakatakan dengan adanya penggunaan metode diskusi yang dipadukan dengan media Wordwall mampu menciptakan suasana belajar aktif, interaktif, dan menyenangkan, sehingga meningkatkan pemahaman konsep sifat-sifat cahaya. Media Wordwall memfasilitasi visualisasi materi dan mendorong partisipasi kelompok Sebab itulah, dapat disimpulkan, penerapan metode diskusi berbantuan media Wordwall efektif dalam meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS. Disarankan guru memanfaatkan kombinasi metode dan media interaktif ini untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muhammad Fazil
Date Deposited: 02 Sep 2025 07:32
Last Modified: 02 Sep 2025 07:32
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/51425

Actions (login required)

View Item
View Item