Aksesibilitas Media Pembelajaran Bagi Tunanetra Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Moodle Dengan Standar WCAG Pada SLB Negeri Pembina Provinsi Aceh

Syahrul Azis, 200705030 (2025) Aksesibilitas Media Pembelajaran Bagi Tunanetra Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Moodle Dengan Standar WCAG Pada SLB Negeri Pembina Provinsi Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang  Aksesibilitas Media Pembelajaran Bagi Tunanetra Mata Pelajaran Bahasa Indonesia] Text (Membahas tentang Aksesibilitas Media Pembelajaran Bagi Tunanetra Mata Pelajaran Bahasa Indonesia)
SYAHRUL AZIS_200705030.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)
[thumbnail of Membahas tentang  Aksesibilitas Media Pembelajaran Bagi Tunanetra Mata Pelajaran Bahasa Indonesia] Text (Membahas tentang Aksesibilitas Media Pembelajaran Bagi Tunanetra Mata Pelajaran Bahasa Indonesia)
SYAHRUL AZIS_200705030-1-15.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi mendorong semakin populernya pembelajaran daring atau e-learning di berbagai institusi pendidikan. Moodle sebagai salah satu platform Learning Management System (LMS) banyak digunakan, namun penyandang disabilitas penglihatan, khususnya tuna netra, masih menghadapi hambatan dalam mengakses materi pembelajaran karena keterbatasan pada elemen teks, gambar, dan visual lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan e-learning berbasis Moodle yang sesuai dengan standar Web Content Accessibility Guidelines (WCAG) guna menciptakan sistem pembelajaran yang lebih inklusif dan ramah disabilitas. Metode penelitian dilakukan melalui perancangan sistem dengan menerapkan prinsip-prinsip WCAG, seperti penyediaan teks alternatif pada gambar, kontras warna yang jelas, serta navigasi yang kompatibel dengan pembaca layar. Sistem yang dirancang kemudian diuji menggunakan alat bantu screen reader untuk mengukur efektivitas serta tingkat kepatuhan terhadap standar WCAG. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan solusi dalam meningkatkan aksesibilitas pembelajaran bagi tuna netra, menjadi acuan bagi pengembang e-learning dalam menciptakan platform yang inklusif, serta mendukung kesetaraan pendidikan bagi semua kalangan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Teknologi Informasi
Depositing User: syahrul azis
Date Deposited: 09 Sep 2025 08:00
Last Modified: 09 Sep 2025 08:00
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/51430

Actions (login required)

View Item
View Item