Strategi Promosi Wisata Halal Lhok Mata Ie Aceh Besar

Akmal Rinaldi, 150401114 (2022) Strategi Promosi Wisata Halal Lhok Mata Ie Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Strategi Promosi Wisata Halal Lhok Mata Ie Aceh Besar] Text (Strategi Promosi Wisata Halal Lhok Mata Ie Aceh Besar)
SKRIPSI-Akmal Rinaldi(150401114).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[thumbnail of Strategi Promosi Wisata Halal Lhok Mata Ie Aceh Besar] Text (Strategi Promosi Wisata Halal Lhok Mata Ie Aceh Besar)
COVER - BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Objek wisata pada saat ini sudah dilihat sebagai sektor perekonomian global yang sangat menjanjikan pada masa depan. Seperti kita ketahui bahwa booming global Halal Market semakin meningkat dalam beberapa tahun terakhir ini termasuk kecendrungan wisatawan mencari wisata halal di seluruh dunia. Tidak terkecuali Aceh sebagai wilayah paling ujung pulau Sumatra yang menyajikan ratusan destinasi wisata ikut bagian penerapan wisata halal tersebut. Salah satunya wisata Lhok Mata Ie yang ikut mempromosikan wisata halal pada masyarakat memanfaatkan SDM yang dimiliknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi promosi dan kendala yang dihadapi dalam menjalankan strategi promosi wisata halal di Lhok Mata Ie. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan pada pengelola wisata Lhok Mata Ie, wisatawan dan Dinas Kebudayaan dan Parawisata Aceh Besar. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa strategi promosi wisata halal yang dilakukan di wisata Lhok Mata Ie melalui: a) papan iklan/spanduk, b) melalui papan pemberitahuan di lokasi wisata, c) melalui pendekatan secara pribadi, d) penyediaan Keudai (tempat perbelanjaan) makanan halal, dan e) menyerdiakan tempat Ibadah dan fasilitas umum. Dalam melaksanakan promosi wisata halal terdapat beberapa kendala yang dihadapi pengelola yang juga menjadi penghambat promosi wisata halal di wisata Lhok Mata Ie sehingga tidak berjalan dengan baik. Kendala tersebut adalah a) sistem kepengolaan yang belum baik, dan b) keuangan yang tidak ada. Dua kendala ini menjadikan promosi wisata halal yang telah dilakukan selama ini belum mencapai kesempuranan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management & Public Relations (Manajemen dan Humas) > 658 Manajeman Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Akmal Rinaldi
Date Deposited: 04 Sep 2025 02:12
Last Modified: 04 Sep 2025 02:12
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/51511

Actions (login required)

View Item
View Item